9 Cara Atasi GERD Secara Alami

Foto: Katada.co.id

BASHIRAHNEWS.COM- Asam lambung tinggi atau Gastroesophageal Reflux Disease (GERD) merupakan suatu kondisi asam lambung yang keluar dari lambung dan naik ke kerongkongan, sehingga menyebabkan iritasi.

Ketika seseorang mengalami GERD mereka akan mengalami nyeri perut yang luar biasa dan rasa panas seperti terbakar di dada (heartburn).

Selain itu penderita GERD juga bisa merasakan perut kembung, begah, mual, susah menelan,  sakit telinga, mulut pahit dan batuk.

Adapun cara mengatasi GERD kambuh secara alami di antaranya:

1. Tetap Tenang

Salah satu cara mengatasi GERD kambuh secara alami adalah tetap tenang. Dengan tetap tenang memungkinkan pengidap tidak berisiko jatuh atau mengalami kecelakaan lain saat menahan perasaan sakit dan tidak nyaman.

2. Minum Air Hangat

Cobalah untuk mengkonsumsi air yang tidak bersuhu terlalu panas atau dingin sebagai cara mengatasi GERD kambuh secara alami. Air bersuhu hangat bisa membantu menimbulkan rasa nyaman di perut saat GERD kambuh.

3. Minum Air Gula

Air gula juga bermanfaat sebagai cara mengatasi GERD kambuh secara alami. Sebab, air gula dapat membantu dalam mengatasi kondisi naiknya asam lambung tersebut ke kerongkongan.

4. Konsumsi Obat Antasida

Menurut dr. Ari, Obat Antasida yang dijual bebas seperti di warung, bisa dikonsumsi saat asam lambung atau GERD sedang kambuh. Obat ini bersifat menetralkan asam yang bisa mengurangi gejala gangguan tersebut.

5. Pilih Makanan Yang Lembut Dengan Rasa Netral

Cara mengatasi GERD kambuh secara alami berikutnya, yaitu mengkonsumsi makanan dengan rasa yang netral, tidak terlalu asam, asin, atau pedas dengan tekstur yang lembut.

Rasa yang cenderung netral dapat menurunkan risiko peningkatan produksi asam lambung.

6. Menggunakan Baking Soda

Satu sendok teh baking soda (bahan dasar) menetralkan asam lambung sehingga meskipun naik, kita tidak akan merasakan sensasi terbakar itu.

7. Mengkonsumsi Permen Karet

Menurut sebuah penelitian yang dilakukan oleh Journal of Dental Research, orang yang mengalami GERD bisa mendapatkan bantuan dengan mengunyah permen karet bebas gula selama 30 menit setelah mereka makan.

8. Makan Buah

Pisang yang sepenuhnya matang memiliki sifat antasida alami yang melawan refluks asam.

Adapun buah-buahan lain yang dapat mengurangi kejadian GERD diantaranya, melon, semangka, dan apel.

Pastikan untuk menghindari buah-buahan dengan kandungan asam tinggi seperti, jeruk, anggur, dan nanas.

9. Minum Teh Jahe

Teh jahe sangat bagus untuk banyak penyakit perut, mulai dari sakit perut umum hingga mual hingga refluks asam kronis. [Mila Sapitri]

Lebih baru Lebih lama