Hidup Terus Berjalan

 

Foto : penulis


Oleh Mu'arofah Sya'ada | Mahasiswi STAI Al-Fatah, Cileungsi, Bogor.

Kecemasan samar yang tampaknya tidak dapat dihindari akan terus berada dalam pikiran, namun buanglah kekhawatiranmu itu untuk sementara waktu dan dengarkanlah suara hatimu, apa yang diinginkan hatimu maka lakukanlah.

Nikmatilah hari ini walau hanya sesaat meski banyak ujian, kesedihan, tangisan ataupun kebahagiaan. Begitulah alur hidup yang akan terus berulang. Tetapi harus kamu ingat bahwa itu semua merupakan suatu proses menjadi dewasa. apa yang terjadi hari ini maka itu adalah pertanyaan dari diri kita dimasa lalu.

Melewatinya memang bukan hal yang mudah, terkadang yang terlihat sepele oleh orang lain justru itu adalah tantangan berat yang harus dijalani. Kepala terasa berat dan pikiran terasa kacau bahkan perasaanmu seperti sudah mati. 

Satu pinta penulis untuk kalian semua yang sedang merasakan hal-hal tersebut yaitu: Buanglah satu beban kalimat tanya yang membuat hidup kita terasa seperti gundukan racun yang bersarang lama dikepala yakni kalimat, “Kenapa dan mengapa sih harus saya?”

Mengapa kita harus menjalani ini semua? itu semua akan terjawab pada saatnya. Dan suatu saat kamu akan mengerti apa maksud Allah memberikan itu semua kepadamu. Bagi kalian yang pernah atau sedang merasakan itu maka akan jadi sebuah bekal dimasa yang akan datang.

Menguatkan dan menyembuhkan seseorang itu hanya bisa dilakukan oleh orang yang pernah merasakannya juga. Tentunya orang itu adalah orang-orang pilihan Allah SWT yang dipilih sebagai perantara bahwa kasih-Nya adalah kasih yang abadi.

‎وَمَنْ يَّتَّقِ اللّٰهَ يَجْعَلْ لَّهٗ مِنْ اَمْرِهٖ يُسْرًا...
artinya:
"Dan barangsiapa bertakwa kepada Allah, niscaya Dia menjadikan kemudahan baginya dalam urusannya." (Ath-Thalaq:4)

Dari ayat diatas bisa diambil maknanya yakni jika membantu suatu urusan dan memudahkan orang lain maka akan dimudahkan pula urusannya oleh Allah SWT.

Jadi nikmati sepanjang harimu ini karna Allah SWT akan selalu penuh dalam hatimu dan juga mendengarkanmu yang tidak harus selalu menjadi sempurna.

Tidak apa-apa, kamu bisa seperti sekarang itu karena dirimu adalah manusia kuat dan hanya orang pilihan yang bisa menjalani itu semua!

Hidup ini akan terus berjalan jadi nikmatilah, apa yang menjadi jalan pilihanmu saat ini dan lakukanlah selama itu tidak merugikan orang lain.[]
Mila Sapitri

Jurnalis Bashirah Media

Lebih baru Lebih lama