Jokowi Lantik Dua Mentri dan Tiga Wamen Baru

 

foto by cnn.indonesia


BASHIRAHNEWS.COM, JAKARTA, – Presiden  Joko Widodo melantik Zulkifli Hasan sebagai Menteri Perdagangan dan Marsekal TNI,  Purn.Hadi Tjahjanto sebagai Menteri Agraria dan Tata Ruang (ATR)/Kepala Badan Pertanahan Nasional (BPN), di Istana Negara, Jakarta, Rabu (15/6).


Presiden juga melantik tiga orang wakil menteri yaitu Wempi Wetipo sebagai Wakil Menteri Dalam Negeri, Afriansyah Noor sebagai Wakil Menteri Ketenagakerjaan, dan Raja Juli Antoni sebagai Wamen ATR/Wakil Kepala BPN.


Pelantikan menteri dan wakil menteri itu digelar di Istana Negara, Jakarta Pusat, Rabu (15/6/2022). Pelantikan disiarkan langsung melalui YouTube Sekretariat Presiden. Pelantikan diawali dengan menyanyikan lagu kebangsaan 'Indonesia Raya'.


Setelah itu, acara dilanjutkan dengan pembacaan keputusan Presiden tentang pengangkatan menteri dan wakil menteri sisa jabatan periode 2019-2024. Jokowi kemudian memimpin pembacaan sumpah jabatan menteri dan wakil menteri.


"Demi Allah SWT saya bersumpah, bahwa saya akan setia kepada UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945 serta akan menjalankan segala peraturan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya, demi dharma bakti saya kepada bangsa dan negara," kata Jokowi saat mengambil sumpah jabatan kelima pejabat yang dilantik.


Hadir dalam pelantikan tersebut sejumlah pimpinan partai politik koalisi pemerintah. Beberapa di antaranya, Ketua Umum  Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Megawati Soekarnoputri,  Ketua Umum Partai Nasional Demokrat (Nasdem) Surya Paloh Ketua Umum  Partai Golkar Airlangga Hartarto.


Selanjutnya Ketua Umum Partai Gerindra sekaligus Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, Ketua Umum  Partai Kebangkitan Bangsa (PKB)  Muhaimin Iskandar atau Cak Imin dan Ketua Umum Partai Persatuan Pembangunan  (PPP)  Suharso Monoarfa. [Anisa Alifa]

Muarofah Syaada

Jurnalis Bashirah Media

Lebih baru Lebih lama