Komodo Satwa Langka Yang Terancam Punah

Ilustrasi

BASHIRAHNEWS.COM, PRANCIS -
 Komodo sebagai hewan reptil purba terbesar yang hanya ada di Taman Nasional Komodo dan Flores, dinyatakan sebagai hewan yang terancam punah, Sabtu (4/9). 


Perkembangan itu tercatat dalam Daftar Merah bagi Spesies yang Terancam diterbitkan oleh Serikat Internasional bagi Konservasi Alam (International Union for the Conservation of Nature/IUCN).

IUCN mengatakan spesies itu "semakin terancam oleh dampak perubahan iklim," IUCN mencatat naiknya permukaan laut diperkirakan akan menggerus habitat komodo hingga 30 persen dalam 45 tahun ke depan

"Kemungkinan hewan pra-sejarah ini satu langkah lebih dekat menuju kepunahan akibat perubahan iklim, sangat menakutkan," kata Andrew Terry, Direktur Konservasi pada Masyarakat Zoologi London.

Penurunan itu adalah "Seruan keras agar alam diprioritaskan dalam semua pengambilan keputusan," ujarnya dalam pembicaraan iklim PBB di Glasgow.

Daftar Merah IUCN sekarang mencakup 138.374 spesies di mana 38.543 di antaranya terancam punah selamanya karena dampak aktivitas manusia seperti mengambil alih habitat asli hewan yang dilindungi ini.

Pesan utama dari Kongres IUCN, yang berlangsung di kota Prancis, Marseille adalah punahnya spesies dan perusakan ekosistem merupakan ancaman eksistensial yang setara dengan pemanasan global.

Perubahan iklim itu sendiri mengancam masa depan banyak spesies, terutama hewan dan tumbuhan endemik yang hidup di pulau-pulau kecil atau titik-titik keanekaragaman hayati tertentu. [Mu'arofah Sya'ada]
Lebih baru Lebih lama