6 Manfaat Mentimun Untuk Kesehatan

Foto by Google 


BASHIRAHNEWS.COM, Anda mungkin tak asing dengan mentimun yang sering dihidangkan sebagai lalapan, acar, garnis, atau lainnya. Ternyata mentimun bukan semata hanya untuk melengkapi kelezatan makanan itu saja. Sebenarnya mentimun juga mempunyai peranan penting bagi kesehatan tubuh kita.


Berikut enam manfaat mentimun untuk kesehatan tubuh:


1. Kaya Akan Nutrisi


Meski rendah kalori, mentimun mengandung banyak vitamin dan mineral penting yang tinggi. Mentimun juga memiliki banyak serat yang cocok untuk dikonsumsi setiap hari.


Selain itu, buah lonjong ini mengandung air yang tinggi, sebesar 96 persen. Untuk memaksimalkan manfaatnya, sebaiknya dimakan tanpa dikupas. Mengupas kulit mentimun dapat mengurangi jumlah serat, vitamin, dan mineral tertentu.


2. Mengandung Antioksidan Yang Kuat


Antioksidan merupakan molekul yang mampu mencegah atau memblokir reaksi kimia yang dikenal sebagai radikal bebas. Akumulasi radikal bebas yang tinggi sangat berbahaya karena bisa menyebabkan beberapa jenis penyakit kronis, seperti penyakit jantung, paru-paru dan autoimun. Buah dan sayuran, termasuk mentimun dapat membantu mengurani risiko radikal bebas, karena mengandung antioksidan yang kuat.


3. Meningkatkan Pemenuhan Hidrasi


Manusia sangat membutuhkan air untuk bertahan hidup. Mentimun termasuk sumber air yang baik dan dapat meningkatkan hidrasi atau pemenuhan kebutuhan cairan tubuh. Pemenuhan hidrasi yang tepat dapat meningkatkan segalanya mulai dari kinerja fisik hingga metabolisme tubuh.


Dalam sebuah penelitian, status hidrasi dinilai dan dicatat untuk pola makan sehat yang dikumpulkan 442 anak. Mereka menemukan bahwa peningkatan asupan buah dan sayuran berkaitan erat dengan status hidrasi. Karena itu, mengonsumsi mentimun sangat efektif dalam meningkatkan pemenuhan kebutuhan cairan harian Anda.


4. Membantu Menurunkan Berat Badan


Mentimun berpotensi untuk membantu menurunkan berat badan. Mengonsumsinya dalam jumlah banyak tak akan bermasalah karena kalorinya rendah, selain mengenyangkan.


Mentimun juga dapat dikreasikan berbagai makanan, seperti salad, sandwich, dan lauk sebagai pengganti alternatif kalori yang lebih tinggi. Selain itu, kandungan airnya yang tinggi dapat membantu menurunkan berat badan.


5. Menurunkan Kadar Gula Darah


Salah satu manfaat paling baik dari mengonsumsi mentimun adalah membantu menurunkan kadar gula darah. Beberapa penelitian menemukan bahwa mentimun dapat mengurangi kadar gula darah dan mencegah beberapa komplikasi diabetes.


6. Mencegah Sembelit


Mengonsumsi mentimun juga dapat membantu dan mengontrol pergerakan usus secara teratur. Dehidrasi merupakan faktor risiko utama sembelit, karena mengubah keseimbangan air dan membuat buang air besar menjadi sulit.


Mentimun yang mengandung banyak air dianggap cocok untuk mengatasi masalah tersebut. Mentimun juga mengandung pektin, sejenis serat larut, yang dapat membantu meningkatkan frekuensi buang air besar secara teratur.  [Humayira] 


Lebih baru Lebih lama