9 Manfaat Olahraga Bagi Kesehatan Tubuh

 

Foto: Google

BASHIRAHNEWS.COM- Olahraga merupakan kebutuhan bagi tubuh manusia. Baik anak- anak, remaja, dewasa, maupun lansia. Olahraga  menjadi kebutuhan karena dengan berolahraga manusia dapat menjaga keseimbangan tubuh. Dengan berolahraga juga dapat menambah daya tahan tubuh agar menjadi lebih sehat dan kuat. 

Selain itu, olahraga juga memiliki beberapa manfaat, diantaranya: 

1. Bermanfaat Bagi Kesehatan Jantung

Dilansir dari American Heart Association, olahraga dapat membantu mengurangi penyakit jantung dan stroke. Olahraga yang dapat membantu mengurangi resiko penyakit jantung dan stroke, yaitu: Olahraga Aerobik, Resistensi (kekuatan), dan Fleksibilitas.

2. Membantu Regenerasi Tulang

Regenerasi tulang sangat dibutuhkan bagi tubuh manusia. Terutama bagi para remaja yang sedang mengalami masa pertumbuhan. Olahraga yang dapat membantu regenerasi tulang, antaralain: latihan beban, mendaki, berjalan kaki, joging, tai chi, dan berdansa. 

3. Mengatasi Nyeri Punggung

Orang dewasa dan lansia sering merasakan nyeri punggung. Nyeri punggung disebabkan karena saraf kejepit, cedera, jarang bergerak, atau posisi tidur yang salah. Olahraga yang dapat mengatasi nyeri punggung adalah: Hamstring, Wall sits, Press Up Back Extention, dan Knee to Chest. 

4. Menambah Kapasitas Paru-paru

Ketika kita berolahraga maka tubuh membutuhkan banyak oksigen. Dengan seringnya kita berolahraga maka kapasitas paru-paru semakin bertambah dan membuat paru-paru kita semakin baik dalam memompa jumlah oksigen dengan kapasitas yang lebih baik dan besar. Tak hanya jumlah oksigen yang meningkat namun tubuh juga semakin baik dalam mengatur oksigen dengan lebih baik. 

5. Mendapatkan Berat Badan yang Ideal

Berat badan yang ideal bisa kita dapatkan dengan cara berolahraga, menjaga keseimbangan makanan, serta menjaga pola tidur yang cukup dan baik. Olahraga dapat membantu menjaga berat badan yang ideal, karena dengan berolahraga kita melakukan kegiatan fisik yang dapat mengurangi lemak tubuh dan dapat mengurangi berat badan.

6. Memperbaiki Suasana Hati

Olahraga adalah salah satu aktivitas fisik yang dapat meningkatkan hormon serotonin dan norepinefrin yang bisa meredakan depresi. Olahraga secara rutin dan teratur juga dapat meningkatkan otak agar melepas zat senyawa yang dapat memperbaiki suasana hati yaitu mood. 

Dengan berolahraga dapat membuat tubuh menjadi lebih rileks, juga dapat mencegah munculnya gejala stress berlebih. Dengan berolahraga kita dapat meningkatkan hormon endorfin sehingga memunculkan perasaan yang positif.

7. Kualitas Tidur Menjadi Lebih Baik

Gangguan sulit tidur seringkali membuat kita merasa tidak nyaman. Masalah gangguan sulit tidur jika dibiarkan akan menimbulkan banyak masalah bagi kesehatan tubuh. Maka dari itu dengan berolahraga kita juga dapat memperbaiki kualitas tidur kita menjadi lebih cepat dan lebih pulas. 

8. Rasa Percaya Diri Semakin Bertambah

Penampilan fisik seringkali membuat kita merasa kita tidak percaya diri. Maka dari itu disarankan kepada anda agar memperbanyak olahraga yang mendapatkan massa otot yang ideal seperti : Squat, Push Up, Pull Up, Bench Press, Deadlift, Dips, dan Leg Press. Olahraga tersebut dapat membantu anda menjadi lebih mudah dalam menjaga massa otot dan membuat anda semakin percaya diri. 

9. Kemampuan Memori Semakin Meningkat

Berolahraga juga diketahui dapat membuat hormon endorfin kita menjadi lebih meningkat. Dengan berolahraga diketahui dapat merangsang pertumbuhan sel baru di otak. [Mohammad Iskandar Syah]

Lebih baru Lebih lama