6 Pelajaran Sederhana Yang Membawa Perubahan

Foto: penulis

Oleh Tian Erika Restiana | Mahasiswi STAI Al Fatah Cileungsi, Bogor

KEHIDUPAN kita saat ini haruslah bisa membawa perubahan, terutama perubahan pada diri kita sendiri. Sekecil apapun dampaknya, selalu ada perubahan dan pertumbuhan yang harus terjadi. 

Manusia yang tidak berdampak sama saja ia tidak hidup. Oleh karena itu keputusan kita tentang bagaimana kita mengisi kehidupan ini, bergantung pada saat ini kemana kita akan melangkah dan bertindak.

Berikut ada 6 pelajaran sederhana yang berdampak besar bagi kehidupan:

1. Carilah Teman Yang Berkualitas

Dapat kita sadari bahwa memiliki banyak teman tidak terlalu berarti jika hanya akan menjadi toxic bagi diri kita sendiri, maka lebih penting ketika kita mempunyai 1 atau 2 teman yang memang berkualitas, teman yang bisa mengarahkan danmengingatkan pada setiap tujuan serta hal-hal baik kepada kita.

2. Bermimpilah Sebesar Mungkin

Ketika kita ingin mencapai sesuatu maka awalilah dengan mimpi-mimpi besar dalam hidupmu, karena menurut pandangan saya sendiri, kita bisa menjadi seperti saat ini karena takdir Allah SWT dan karena mimpi-mimpi kita terdahulu. Dengan bermimpi sebesar mungkin, bekerja keras dan fokus pada tujuan kita akan menjadikan suatu perubahan yang besar bagi kehidupan kita nanti.

3. Jangan Sia-siakan Kesempatan Kedua

Dalam setiap usaha dan mimpi mungkin akan ada dimana tujuan kita tidak tercapai, usaha kita gagal, dan keinginan kita tidak sesuai dengan hasil yang diinginkan. Tetapi ketika kita beruntung mendapatkan kesempatan kedua maka jangan disia-siakan, lakukanlah hal terbaik untuk bisa merubahnya, merubah apa yang telah menjadi kegagalan, meskipun hasil akhir ada di tangan Allah SWT kita harus tetap berusaha semaksimal mungkin.

4. Biarkan Yang Mengacuhkanmu

Jika seseorang mengacuhkanmu maka biarkanlah, jangan jadikan mereka sebagai penghalang dalam kehidupanmu. Tetaplah fokus pada kehidupanmu dan tetaplah berbuat baik kepada orang lain meskipun mereka tidak melakukan hal yang sama kepadamu.

5. Selesaikan Masalah Dengan Rencana Tertulis

Buatlah rencana tertulis yang bisa kamu lakukan untuk menyelesaikan suatu masalah yang kamu hadapi, karena dengan cara ini kamu bisa berpikir jernih dalam bertindak, hal ini juga bisa menghindari adanya kesalahan kamu dalam menghadapi masalah.

6. Konsistensi Dalam Hal Apapun

Apapun tujuanmu tentu harus dengan konsistensi dalam melakukannya karena hal ini merupakan kunci untuk mencapai segala sesuatu yang kita inginkan, karena jika kita tidak konsisten maka hasilnya pun tidak akan semaksimal mungkin dan tidak akan ada perubahan yang kita dapatkan.

Kita tidak bisa mengontrol hasil, tetapi kita bisa mengontrol usaha dan tindakan kita.

dengan itu maka kita bisa membuat perubahan terutama untuk diri kita sendiri menjadi lebih baik.[]

 

Mila Sapitri

Jurnalis Bashirah Media

Lebih baru Lebih lama