8 Manfaat Mengunyah Permen Karet

 

Foto: google

BASHIRAHNEWS. COM- Permen karet adalah permen yang dirancang untuk dikunyah, bukan untuk ditelan. Mengunyah permen karet, terutama permen karet bebas gula, dikatakan dapat memberikan beragam manfaat bagi kesehatan, diantaranya:

1. Mencegah Gigi Berlubang

Mengunyah permen karet dapat memicu produksi air liur. Air liur akan membersihkan sisa makanan pada celah gigi, menetralkan asam yang dihasilkan oleh bakteri, serta membawa antibodi untuk melawan kuman penyebab gigi berlubang.

2. Mencegah Bau Mulut

Masalah bau mulut bersumber dari gigi berlubang yang membusuk, kotoran pada mulut, serta zat buangan yang dihasilkan dari pencernaan bakteri. Kombinasi ketiganya menghasilkan senyawa kimia yang menimbulkan bau tidak sedap.

3. Meningkatkan Fungsi Otak

Beberapa penelitian menemukan bahwa makan permen karet selama beraktivitas dapat meningkatkan berbagai fungsi otak. Fungsi tersebut antara lain: kewaspadaan, ingatan, pemahaman, hingga kemampuan mengambil keputusan.

4. Melepas Stres dan Rasa Waswas

Menurut sebuah penelitian gabungan pada 2011 oleh para peneliti dari Jepang, berjudul "Effect of Regular Gum Chewing on Levels of Anxiety, Mood, and Fatigue in Healthy Young Adults", peserta yang mengunyah permen karet dua kali sehari selama 14 hari memiliki tingkat waswas yang lebih kecil.

5. Menurunkan Berat Badan

Dari salah satu penelitian yang dikutip pada 2009 oleh para peneliti dari University of Rhode Island yang didukung oleh salah satu merek permen karet, Wrigley, mengatakan bahwa mereka mengunyah permen karet saat sarapan mengonsumsi kalori 68% lebih sedikit daripada saat makan siang. 

Dengan kata lain, permen karet membuat seseorang merasa kenyang lebih lama.

6. Menghilangkan Rasa Mual

Pada saat perut tiba-tiba merasa mual atau mabuk kendaraan tidaklah memerlukan obat yang pahit, cukup kunyah permen karet dan hilang sudah rasa mual itu. Disarankan untuk mengunyah yang rasa mint agar efeknya lebih terasa. 

7. Melancarkan Pencernaan

Menurut sebuah studi di Jerman pada 2006, jika seseorang baru menjalani operasi besar di bagian perut, mereka dilarang untuk mencerna apapun sampai sistem pencernaan pulih. Bagi operasi lainnya, mereka dilarang mencerna apapun hingga efek biusnya hilang.

Karena itu, mengunyah permen karet dapat membantu pasien untuk melancarkan pencernaan tanpa harus mencerna apapun.

8. Melegakan GERD

Gangguan asam lambung atau Gastroesophageal Reflux Disorder (GERD), sebuah riset pada 2005 berjudul "The effect of chewing sugar-free gum on gastro-esophageal reflux" oleh para peneliti dari Inggris menyatakan mengunyah permen karet tanpa gula 30 menit setelah makan dapat mencegah GERD.

Permen karet memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Namun, Anda harus memperhatikan beberapa hal saat mengunyah permen karet, karena ada pula efek samping yang mungkin saja bisa mengintai. [Mu'arofah Sya'ada]

Lebih baru Lebih lama