BASHIRAH MEDIA

Dahsyatnya Shalat Malam

Ada yang menarik  dalam bab ini  yang tidak terpikirkan  mungkin oleh sebagian pencinta shalat malam yaitu minum segelas air putih sebelum tidur, hal ini mungkin terlihat sepele tapi kekurangan cairan dalam tubuh menyebabkan dehidrasi dan itu berpengaruh pada kondisi fisik tidak hanya di saat akan bangun maupun disaat pelaksanaan shalat malam itu sendiri                   


DAHSYATNYA shalat malam,  mungkin itulah judul yang layak disematkan pada buku Meraih Kemenangan dan Kemuliaan Shalat Malam.

Buku yang disusun oleh ust Wahyudi KS ini memang tipis hanya 96 halaman. namun, buku ini bisa menjadi solusi atas perbedaan pendapat di kalangan umat Islam tentang kaifiyat shalat malam,  baik masalah shalat malam pada bulan Ramadhan atau di luar bulan Ramadhan.

Buku terbitan LBIPI Press ini, memuat tentang, keutamaan dan kaifiyat shalat malam, sarat dengan dalil-dalil dan hadits hadits shahih serta  pendapat para ulama.

Di antara  dalil keutamaan  shalat malam yang ditulis dalam buku tersebut,  adalah  hadits  yang diriwayatkan imam Muslim, dari Abu Hurairah, Nabi SAW  bersabda,

أفضل الصيام بعد شهر رمضان شهر الله المحرم و افضل الصلاة بعد الفريضة صلاة الليل 

Sebaik-baik puasa setelah puasa Ramadhan adalah puasa pada bulan Allah Muharram. Sebaik-baik shalat setelah shalat wajib adalah shalat malam.  

Imam An- Nawawi rahimahullah mengatakan,  " ini adalah dalil dari kesepakatan ulama bahwa shalat di malam lebih baik di siang hari. "

Selain itu,  menjelaskan penyebab para ulama lebih menyukai shalat malam,  mengupas tentang jumlah rakaat shalat malam menurut Sunnah, hukum menambah jumlah rakaat serta mengupas latar belakang timbulnya shalat malam lebih dari sebelas rakaat.

Pada pembahasan hukum menambah jumlah rakaat shalat malam, penulis buku tersebut mengawalinya dari pendapat  ulama tentang dalil yang menjadi dasar bolehnya  menambah lebih dari sebelas rakaat, kemudian hubungannya dengan hadits Aisyah ra, dan beberapa ayat serta hadits penunjang lainnya,  sehingga melahirkan kesimpulan bolehnya menambah jumlah rakaat pada shalat malam.

Argumennya cukup ringan dan mudah dipahami,  hanya saja belum menjawab pendapat kekinian dari sebagian ulama bahwa shalat malam sebelas rakaat adalah khusus untuk Rasulullah Saw, dengan hujjah bahwa para ulama madzhab mayoritas berpendapat, shalat malam 20 rakaat atau lebih, adalah mustahab atau Sunnah.

Mengqadha  shalat  tahajud,  doa qunut witir dan  qiamu lail dalam shalat witir juga tidak luput dari pembahasan buku tersebut.

Pada bab lain  membahas tentang  potret figur para sahabat mulai dari  Abu bakar Ash-Shiddiq,  Umar bin Khattab, Utsman bin Affan,  Ali bin Abi Thalib  dan  Abdullah bin Mas'ud  serta gambaran  tentang  dahsyatnya  qiamu lail para salafush shalih yaitu  Amir bin Qois,  Al- Rabi bin khutsaim,  Umar bin Abdul Aziz,  Sufyan Ats-tsauri  dan Abdullah Ibnu Mubarak.  

Pada bagian ini banyak sekali kisah inspiratif serta nasehat dari sahabat dan ulama salah satu nasehat yang meluluhkan hati, menggetarkan iman dan motivator beramal adalah apa yang  disampaikan oleh Abdullah bin Mas'ud ra,  "Sudah  sepatutnya  seorang penghafal  Al-Qur'an  dikenal  dengan malamnya  ketika  orang-orang sedang  tertidur,  dikenal  siangnya ketika  orang-orang  sedang  tidak berpuasa,  dikenal  dengan kesedihannya  ketika  orang-orang sedang bergembira,  dikenal  dengan tangisannya  ketikan orang-orang sedang  tertawa,  dikenal  dengan diamnya  ketikan orang-orang  sedang membaur  dan dengan  kekhusyu'annya ketika  orang-orang  sedang  bersikap sombong."

Pada bab akhir buku ini mengulas kiat sukses bangun shalat malam, ada yang menarik  dalam bab ini  yang tidak terpikirkan  mungkin oleh sebagian pencinta shalat malam yaitu minum segelas air putih sebelum tidur, hal ini mungkin terlihat sepele tapi kekurangan cairan dalam tubuh menyebabkan dehidrasi dan itu berpengaruh pada kondisi fisik tidak hanya disaat akan bangun maupun disaat pelaksanaan shalat malam itu sendiri

Buku terbitan pertama, Muharram 1442 H/September 2020 M walaupun tidak dilengkapi dengan doa shalat tahajud tapi sangat dianjurkan untuk dimiliki dan dibaca terutama bagi pemula yang baru belajar shalat malam, atau bisa juga sebagai bahan kajian dalam majlis ta'lim karena buku ini cocok untuk segala usia, selain murah, ringan dan mudah dipahami. [Imran Abdurrahman]


Data Buku

Judul Buku: Meraih Kemenangan Dan Kemuliaan dengan shalat Malam

Pengarang: Wahyudi KS

Penerbit: LBIPI Press 

Tahun Terbit: Muharram 1442 H/ 2020 M


Lebih baru Lebih lama