Rahasia Mandi Sebelum Fajar

 

Oleh Kosmi Arfan | Mahasiswa Prodi Komunikasi Penyiaran Islam, STAI Al Fatah Cileungsi Bogor

Majalah Gontor tahun 2008 pernah mempublikasikan artikel rahasia kesehatan para ustadz atau pengajar di Pondok Pesantren Darussalm Gontor yang jarang sekali yang sakit. Ternyata, mereka membiasakan mandi sebelum shubuh dengan air dingin. Mereka mengerjakan amalan yang telah dibiasakan oleh Kiyai pendiri pesantren tersebut

 MANDI adalah salah satu aktivitas rutin bagi kita, terutama bagi yang tinggal di daerah tropis seperti Indonesia. Biasanya orang mandi pada pagi hari sebelum beraktivitas dan sore hari atau malam hari usai beraktivitas.

Islam mengenal istilah thaharah (bersuci) sebagai bagian dari ibadah yang penting untuk dilakukan. Thaharah mencakup mandi, wudhu untuk membersihkan diri dan menghilangkan kotoran atau najis.

Prof DR Wahbah az Zuhaili dalm Fiqih Islam Wa Adilatuhu juz 1 menjelaskan, thaharah menurut bahasa berarti Bersih dari kotoran atau najis.  Rasulullah SAW bersabda "Agama itu dibangun berdasarkan kebersihan." HR Muslim.

Karena bersuci merupakan bentuk pengakuan Islam terhadap fitrah manusia. Manusia memiliki kecenderungan alamiah untuk hidup bersih dan menghindari sesuatu yang kotor dan jorok, hidup sehat dan menghindari penyakit.

Sebenarnya banyak sekali kegiatan di saat-saat tertentu dalam Islam yang istimewa. Namun kita lalai dan tidak mengetahui bahwa saat tersebut banyak mengandung keistimewaan dan manfaat didalamnya.Seperti keistimewaan mandi sebelum fajar/shubuh yaitu mandi pada pagi hari sebelum Adzan Subuh yang banyak orang tidak mengetahuinya.

Mandi di waktu terbit fajar atau sebelum subuh yang merupakan waktu istimewa menurut Islam, karena para Nabi dan Rasul adalah manusia mulia yang senantiasa menghidupkan waktu sepertiga malam sampai fajar.

Para Nabi dan Rasul adalah manusia yang paling sehat dibanding umatnya, keteladanan ini di ikuti oleh para sahabat, tabiin, tabiit tabiin dan orang-orang shaleh setelahnya. Mereka meraih kesehatan dengan mendekatkan diri kepada Allah dan membiasakan diri mandi sebelum subuh atau fajar, karena udara fajar adalah udara yang bersih, sehat dan sangat bermanfaat bagi urat syaraf, otak dan tulang.

Mandi pagi dengan air dingin sebelum subuh ternyata manfaatnya sangat banyak bagi kesehatan, di antaranya:

Meningkatkan Energi

Studi yang dimuat dalam jurnal Plos One  menyebutkan bahwa dorongan energi yang didapat saat mandi pagi, hampir sama dengan energi yang didapat setelah mengkonsumsi kafein. Ini dikarenakan saat air dingin menyentuh kulit tubuh akan meresponnya dengan "bernapas" karena adanya asupan oksigen di dalam kulit. Alhasil darah akan terpompa cepat keseluruh tubuh dan detak jantung meningkat, sehingga membuat tubuh lebih berenergi sepanjang hari.

Mengurangi Depresi

Mandi sebelum subuh dengan air dingin dapat menstimulasi titik biru di otak yang merupakan sumber noradrenalin. Zat kimia organik dalam otak yang berfungsi untuk mengurangi tingkat stres dan depresi. Dalam penelitian lain disebutkan saat air dingin kontak dengan kulit secara otomatis hormon endorfin akan diproduksi,adanya hormon tersebut dapat mengurangi rasa sakit memicu perasaan senang,tenang dan bahagia (hasil penelitian yang si lakukan Virginia Commonwealth University School of Medicine).

Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Air dingin dapat memperbaiki sirkulasi dengan mendorong darah mengelilingi organ tubuh,ini karena saat air dingin yang menyentuh tubuh dapat memacu kinerja arteri dalam memompa darah,sehingga meningkatkan kesehatan jantung secara keseluruhan.

Majalah Gontor tahun 2008 pernah mempublikasikan artikel rahasia kesehatan para ustadz atau pengajar di Pondok Pesantren Darussalam Gontor yang jarang sekali yang sakit. Ternyata, mereka membiasakan mandi sebelum shubuh dengan air dingin. Mereka mengerjakan amalan yang telah dibiasakan oleh Kiyai pendiri pesantren tersebut. []


BACA JUGA

Allah pun Cemburu

Berhenti Berharap

Pemuda adalah Solusi

Lebih baru Lebih lama