Makanan Khas Maulid Nabi Dari Berbagai Daerah Di Indonesia

Ilustrasi

BASHIRAHNEWS.COM- Maulid Nabi sudah menjadi sebuah tradisi bagi masyarakat muslim di Indonesia. Biasanya Maulid Nabi diisi dengan acara atau perayaan yang erat kaitannya dengan menyajikan kuliner khas dari berbagai daerah.

Berikut adalah beberapa kuliner khas Maulid dari berbagai daerah :

1. Kuah Beulangong

Beulangong merupakan makanan khas Aceh berupa kuah merah sejenis gulai yang menggunakan daging sapi atau kambing dan nangka muda serta bumbu rempah yang khas biasanya sering disajikan ketika Maulid Nabi.

2. Tumpeng


Nasi tumpeng merupakan makanan yang sangat familiar dibuat dan disajikan untuk perayaan-perayaan besar semacam syukuran atau Maulid Nabi. Tumpeng bisa terbuat dari nasi putih atau nasi kuning dengan berbagai macam lauk yang mengelilinginya.

3. Ketupat Sumpil


Ketupat sumpil adalah makanan yang berbentuk segitiga, makanan ini merupakan makanan khas Kaliwungu, Kabupaten Kendal. Biasanya disajikan dengan parutan kelapa atau serundeng dan banyak disajikan di acara-acara perayaan.

4. Nasi Suci Ulam Sari


Nasi suci ulam sari merupakan makanan asal Pacitan yang dibuat dengan nasi gurih/uduk yang dilengkapi berbagai macam lauk di dalam baskom besar.

5. Gunungan


Perayaan gunungan dilaksanakan dengan membuat bentuk gunung yang dihias dan ditata dengan berbagai macam makanan di Jawa Tengah. Diarak ke tengah kota dan dijadikan rebutan oleh masyarakat saat waktu perayaan.

6. Kue Kolombengi


Kue kolombengi merupakan jajanan tradisional berupa bolu kering yang menjadi makanan khas Maulid Nabi di Gorontalo. Biasanya kolombengi berbentuk gunungan yang dihias merata dengan bolu kering.

7. Nasi Kebuli Betawi


Nasi kebuli ini dibuat dalam porsi yang besar karena untuk dibagikan kepada masyarakat. Nasi kebuli memiliki cita rasa yang  sangat gurih dan memang tak umum dibuat setiap harinya, karena itulah menjadi spesial saat Maulid Nabi atau perayaan besar lainnya seperti hari raya dan lain sebagainya.

8. Ampyang Maulid


Ampyang maulid adalah makanan khas dari Kudus, Jawa Tengah. Berbeda dengan makna ampyang pada umumnya yang merupakan kerupuk ikan. Ampyang maulid di sini yaitu nasi bungkus dalam ukuran kecil yang dibungkus dengan daun jati lengkap dengan sayur dan lauknya.

Itulah beberapa kuliner khas Maulid Nabi dari berbagai daerah yang patut kita ketahui dan dilestarikan.[Tian Erika Restiana]

Lebih baru Lebih lama