Akun WhatsApp Puluhan Jurnalis Palestina Diblokir


Aplikasi Percakapan WhatsApp


BASHIRAHNEWS.COM, BOGOR -Aplikasi perpesanan instan WhatsApp dilaporkan telah memblokir akun puluhan jurnalis Palestina setelah terjadinya pertempuran bulan ini antara Israel dan pihak Gaza, Hamas, ungkap para wartawan Palestina.


Tak lama setelah gencatan senjata pada pukul 02:00 pada Jumat (21/5) (atau Kamis (20/5) pukul 23.00 waktu GMT Kamis) mengakhiri 11 hari konflik, dua jurnalis di biro AFP Kota Gaza menerima pemberitahuan dari WhatsApp dalam bahasa Arab yang isinya memberi tahu akun mereka telah diblokir.


Jurnalis lain di Yerusalem dan Tepi Barat seperti dikutip dari France 24 mengatakan hal serupa.


Mereka menyebutkan bahwa akun WhatsApp milik mereka diblokir.


Seorang kru dari saluran berita Al Jazeera menyebutkan akun mereka kemudian telah dipulihkan setelah mengajukan keluhan kepada pemilik WhatsApp, Facebook.


Wakil presiden Sindikat Jurnalis Palestina, Tahseen al-Astall, mengatakan bahwa pelanggan sekitar 100 wartawan di Gaza.


Sementara itu, Pusat Pengembangan Media Sosial Arab mengatakan pemblokiran akun WhatsApp pemulihan yang diberi.


Dalam sebuah laporan baru, kelompok yang berdasarkan di kota ketiga Israel, Haifa, mendokumentasikan 500 kasus yang berkaitan dengan hak digital Palestina yang telah dilanggar pada 6 Mei dan 19 Mei 2021.


"Dan penghapusan akun, dikurangi konten, tagar disembunyikan, dan konten yang diarsipkan dihapus. Sebanyak 50 persen dari laporan ini adalah tentang Instagram, 35 persen Facebook, 11 persen Twitter, dan satu persen Tik Tok," tulis laporan tersebut.


Perusahaan aplikasi tidak memberikan penjelasan mengenai penghapusan atau penangguhan.[Yuharriska]



Lebih baru Lebih lama