Pentingnya Penerapan PHBS untuk Hadapi Covid-19

 

Foto : Penulis

Oleh Ahwati Muthalib | Mahasiswi jurusan Kesehatan Masyarakat, UIN Alauddin Makassar


PENYEBARAN Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) kini telah menjadi wabah pandemic di Indonesia. Mewabahnya penyebaran penyakit ini menyebabkan bencana bagi masyarakat hingga mengakibatkan kematian ribuan jiwa diseluruh dunia, tak terkecuali Indonesia.


Covid-19 atau corona Virus Disease-19 adalah wabah penyakit yang menyebar luas hingga keseluruh dunia. Penyakit ini disebabkan oleh inveksi virus bernama Severce Acute Respiratory Syndrome Coronavirus (SARS-CoV-2). Virus ini menyerang bagian pernafasan bagi para penderitanya. Penularan penyakit ini dapat terjadi dengan berbagai cara, seperti melalui percikan saat orang batuk,bersin, atau berbicara, melalaui kontak langsung dan juga melalui benda disekitar kita.

 

Penerapkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) sangat dianjurkan kepada seluruh masyarakat di Indonesia meskipun ada atau tidaknya wabah covid-19. Namun masih banyak masyarakat Indonesia yang belum paham pentingnya menjaga imunitas tubuh dan pola hidup sehat, terutama pada kalangan anak-anak muda. 


Penerapkan PHBS dapat dilakukan dengan melakukan pembiasan seperti menjaga kebersihan lingkungan, olah teratur, dan mengonsumsi makanan bergizi. Pemberdayaan masyarakat dalam upaya penerapkan PHBS sangat penting untuk dilakukan, karena langkah awal untuk memulai kebiasan ini dimulai dari rumah tangga atau keluarga.


Oleh karena itu, seperti yang disampaikan oleh Kementrian Kesehatan. Tujuan utama dari gerakan PBHS yaitu meningkatkan kualitas kesehatan melalui berbagai hal yang menjadi awal kontribusi tiap individu dalam menjalani kehidupan sehari-hari yang bersih dan sehat terutama dalam menghadapi wabah Covid-19 yang sedang terjadi hingga saat ini.


Menurut Razi dkk (2020), PHBS untuk pencegahan virus Covid-19 dapat berupa cara mencuci tangan yang baik dan benar, cara menerapkan etika batuk, cara melakukan Physical Distancing (menjaga jarak fisik), dan cra menjaga kebersihan diri. Pemberian edukasi mengenai PHBS ini dapat dilakukan dengan penyuluhan atau dengan menggunakan media berupa poster. Menerapkan perilaku hidup sehat sebenarnya sangatlah mudah selain itu juga murah, dibandingkan dengan harus mengeluarkan biaya untuk pengobatan apabila mengalami ganguan kesehatan. Hidup sehat merupakan hal yang seharusnya diterapkan oleh setiap orang karena manfaat yang didapatkan sangat banyak, mulai dari fokus dalam mengerjakan sesuatu, hingga pada kesejahteraan hidup anggota keluarga.


Adapun kaitan PHBS dengan Virus Corona yakni : Karena penularan virus corona yang sangat cepat inilah Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menetapkan virus corona sebagai pandemic 11 maret 2020. Status pandemic atau epidemic global menandakan bahwa penyebaran Covid-19 berlangsung sangat cepat sehingga hampit tidak ada negara di dunia yang dapat memastikan diri terhindar dari corona virus.


Upaya pencegahan yang dapat dilakukan adalah dengan melakukan berbagai kegiatan salah satunya ialah dengan penyuluhan atau sosialisasi dengan tujuan untuk dapat memberikan data dan informasi yang ilmiah kepada seluruh lapisan masyarakat tentang virus corona di Indonesia melaui media-media online yang dapat dijangkau masyarakat. Pengetahuhan sangat berpengaruh terhadap masyarakat yang menjadi sasaran dalam pemberian informasi yang edukatif dengan metode yang lebih inovatif. 

Selain itu, pemberian materi tentang lingkungan dan kesehatan serta pola hidup bersih dan sehat akan membantu masyarakat terhindar dari Covid-19 dan penyakit infeksius lainnya. Penyuluhan kesehatan juga akan meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya menjaga lingkungan dan diri agar tetap sehat. 


Oleh karena pentingnya penerapan PHBS maka disarankan bagi seluruh lapisan agar berturut serta dalam mewujudkanya. Pandemi adalah masalah bersama dan harus diselesaikan bersama-sama dengan cara mencegahnya sehingga kasus terinformasi dapat mendekati titik 0 sehingga tidak ada lagi penyebaran hingga akhirnya Indonesia bisa menang melawan pandemi ini. [] 

Lebih baru Lebih lama