Pemerintah Indonesia Kembali Berhasil Evakuasi Satu Keluarga Indonesia Dari Gaza

 

BASHIRAHNEWS.COM, BOGOR- Satu keluarga Indonesia kembali berhasil dievakuasi dari jalur Gaza oleh Pemerintah Indonesia pada Minggu (12/11) waktu setempat melalui pintu Rafah yang berbatasan dengan Mesir.

sempat mengalami kesulitan untuk mengevakuasi keluarga Muhammad Husein, kini Muhammad Husein bersama istri dan kedua putranya kini sudah berada di wilayah Mesir dan sudah bersama dengan tim evakuasi Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Mesir. Selanjutnya mereka akan dibawa ke Kairo dan akan dipersiapkan kembali ke Indonesia.

Menteri Luar Negeri Retno Marsudi dalam konferensi pers virtual selama penerbangan dari Riyadh, Arab Saudi, menuju Washington DC, menyatakan telah menerima konfirmasi dari tim KBRI di Kairo pada pukul 18.00 WIB bahwa Husein bersama keluarganya berhasil dievakuasi ke Mesir.

Retno menjelaskan bahwa proses evakuasi ini membutuhkan waktu yang relatif lama, mulai dari isu nama Husein yang tidak terdaftar dalam daftar (WNI) yang diizinkan dievakuasi, hingga langkah-langkah memasukkan nama dan menunggu pembukaan pintu perbatasan.

Ia menyoroti upaya maksimal yang dikerahkan tim Kementerian Luar Negeri dalam melaksanakan proses evakuasi ini.

"Selama hampir sepekan di Timur Tengah, saya terus berkomunikasi dengan banyak pihak untuk memastikan Husein sekeluarga dalam keadaan baik, masuk dalam daftar, dan beberapa kali dirinya meminta agar perlintasan Rafah segera dibuka,” kata Retno.

Sebelumnya Kemlu juga berhasil mengevakuasi keluarga Abdillah Onim bersama tiga anak dan istrinya dari Gaza.

Hingga kini masih ada tiga warga Indonesia yang memilih tetap tinggal di Rumah Sakit Indonesia di Bait Lahiya, utara Gaza. Mereka merupakan relawan dari Medical Emergency Rescue Committee (MER-C).


Lebih baru Lebih lama