Jokowi Kecam Kebiadaban Israel dan Perkuat Dukungan ke Palestina di KTT Luar Biasa OKI

 

BASHIRAHNEWS.COM, Riyadh, Arab Saudi - Jokowi, menyampaikan pernyataan tegas terkait dukungan Indonesia terhadap Palestina saat bertemu secara bilateral dengan Presiden Palestina Mahmoud Abbas di tengah Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Luar Biasa Organisasi Kerja Sama Islam (OKI) di Riyadh, Arab Saudi (11/11).

Dalam pertemuan tersebut, Jokowi menegaskan komitmen Indonesia dalam mendukung Palestina secara optimal dan kongkret, mengecam keras atas kekejaman Israel terhadap rakyat Palestina.

"Kekerasan harus segera dihentikan. Pemindahan paksa warga sipil harus diakhiri. Bantuan kemanusiaan harus segera diberikan," tegas Presiden Jokowi, dikutip pada (13/11).

Presiden RI tersebut menyampaikan keprihatinannya terkait dengan situasi kemanusiaan yang semakin memburuk di Gaza akibat kebrutalan Israel.

Ia juga mengutuk upaya intimidasi yang terus-menerus terjadi terhadap warga sipil Palestina di Tepi Barat. Menurut Jokowi, tindakan tidak manusiawi ini merupakan pelanggaran serius terhadap hukum internasional dan prinsip-prinsip kemanusiaan.

Pada 4 November lalu Indonesia telah mengirimkan bantuan sabanyak 26,5 ton berupa kebutuhan medis dan makanan, hal tersebut menjadi sebuah langkah yang disyukuri Jokowi.

Menurut Jokowi, Indonesia telah mengirimkan bantuan kemanusiaan dan bersedia memberikan lebih banyak. Sementara itu, Presiden Abbas menyatakan apresiasi tinggi atas konsistensi Indonesia dalam mendukung perjuangan Palestina. Indonesia tetap menjadi salah satu negara yang memberikan dukungan konsisten bagi perjuangan bangsa Palestina, dan kami sangat menghargainya, kata Presiden Abbas.

Presiden Abbas juga mengungkapkan rasa terima kasih atas bantuan kemanusiaan yang telah disampaikan oleh Indonesia kepada warga Palestina di Gaza. Pertemuan ini mencerminkan solidaritas yang kuat antara Indonesia dan Palestina dalam menghadapi tantangan kemanusiaan yang dihadapi oleh rakyat Palestina.


Lebih baru Lebih lama