Wagub Jawa Barat: Santri Harus Menjadi Pemuda Wasatiyah

Photo by Abdullah 

BASHIRAHNEWS.COM, BOGOR - Wakil Gubernur (Wagub) Jawa Barat, Uu Ruzhanul Ulum, dalam sambutannya ketika menghadiri Acara Pelatihan Cek Fakta Mandiri Bersama Jabar Saber Hoaks, pada (21/2), di Masjid At-Taqwa, Jl. Pondok Pesantren Al-Fatah, Cileungsi, Bogor, ia mengatakan, Santri harus menjadi generasi wasatiyah yang linear dan seimbang antara dunia dan akhirat.

"Santri harus menjadi generasi wasatiyah yang linear dan seimbang antara dunia dan akhirat," katanya. 

Ia juga mengatakan, Santri juga harus meningkatkan keahlian dalam literasi, membaca dan bijak dalam bermedsos. 

"Santri juga harus terus meningkatkan keahlian dalam literasi, membaca dan juga bijak dalam bermedsos. Karena tantangan kedepan akan semakin hebat dan institusi pendidikan harus jadikan pemuda yang hebat yang mampu memanfaatkan kemajuan teknologi untuk kemaslahatan umat," ujarnya. 

"Pemuda juga harus mempersiapkan diri dengan baik jangan sampai menjadi pemuda yang lemah fisik dan rohani, pemuda juga harus jadi pejuang dimasa depan karena 50 tahun ke depan jawabanya ada ditangan pemuda saat ini," tambahnya. 

Lebih lanjut ia mengatakan, pemuda harus terus meningkatkan pemahaman agama yang baik karena agama adalah pondasi negara.

"Pemuda harus terus meningkatkan pemahaman agama yang baik karena agama adalah pondasi negara, kebersamaan antara ulama dan umaro akan menjadikan bangsa ini menjadi hebat, karena penguasa adalah juga sebagai penjaga agama. Pahami, amalkan dan pertahankan agama,”lanjutnya. 

Pemeriksa Fakta pada Jabar Saber Hoaks, Ganjar Darussalam, mengatakan, acara ini sebagai antisipasi sebaran hoaks pada tahun pemilu yang akan datang.

"Acara ini sebagai antisipasi sebaran hoaks pada tahun pemilu yang akan datang, dan sudah dilakukan di 4 titik dengan rencana dilakukan 27 titik di Pondok Pesantren yang ada di Kabupaten,Kota se-Jawa Barat," kata Ganjar. 

Acara ini dihadiri sekira 500 santri Pondok Pesantren Al Fatah Cileungsi, Mahasiswa STAI Al-Fatah, guru yang berada dalam Yayasan Al-Fatah, Jajaran Muspika Kecamatan Cileungsi, Kapolsek dan Danramil Kecamatan Cileungsi. Pada akhir acara juga diadakan foto bersama dan kompak meneriakkan slogan “Jabar Juara!!”. [Muhammad Ridwan]

Yuharriska

Jurnalis Bashirah Media

Lebih baru Lebih lama