Cara Meringankan Sakit Pinggang, Nomor "Tujuh" Kebiasaan Buruk Kaum Adam

 


Foto: Google

BASHIRAHNEWS.COM - Sakit pinggang tentu terasa tidak nyaman dan dapat mengganggu aktivitas sehari-hari Anda. Umumnya, kondisi ini bukanlah sesuatu yang berbahaya. 

Sakit pinggang umumnya terjadi akibat cedera pada otot atau tendon di pinggang. Masalah ini juga dapat dipicu dari kondisi atau penyakit tertentu.

Berikut ini beberapa penyebab sakit pinggang yang perlu Anda waspadai, diantaranya:

• Ketegangan otot atau keseleo, misalnya karena mengangkat beban terlalu berat.

• Duduk terlalu lama, terutama bila salah posisi duduk.

• Patah tulang karena kecelakaan atau jatuh.

• Saraf kejepit akibat penonjolan bantalan ruas tulang belakang (hernia nukleus pulposus).

• Penyempitan ruas tulang belakang (stenosis spinal).

• Kelainan lengkung tulang belakang menyerupai huruf S atau C (skoliosis).

• Peradangan pada sendi tulang belakang.

• Penyakit tertentu seperti tumor tulang belakang, batu ginjal, aneurisma aorta perut, infeksi ginjal, usus buntu, pankreatitis, miom, dan lainnya.


Adapun beberapa cara mengatasi sakit pinggang, yaitu dengan mengkonsumsi obat atau memperbaiki pola hidup menjadi lebih baik.

Berikut cara mengurangi rasa sakit pinggang yang bisa dilakukan di rumah:

1. Mengkonsumsi Bawang Merah 

Mengkonsumsi bawang merah bisa menjadi salah satu cara meredakan sakit pinggang. Sebab, bawang merah mengandung senyawa-senyawa yang dapat membantu meredakan sakit pinggang. 

2. Mengkonsumsi Jahe dan Teh Hijau

Selain mengkonsumsi bawang merah, jahe dan teh hijau juga dapat mengatasi sakit pinggang. Kandungan antiinflamasi dalam kedua bahan alami tersebut mampu meredakan inflamasi atau peradangan, salah satunya peradangan otot pinggang. 

3. Mengkonsumsi Kunyit dan Susu

Cara mengatasi sakit pinggang selanjutnya adalah dengan mengkonsumsi campuran ekstrak kunyit dan susu. Sebab, campuran bahan alami tersebut mengandung antiinflamasi dan antioksidan yang dapat menghilangkan rasa sakit pinggang akibat peradangan otot. 

4. Kompres Air Dingin & Air Panas

Kombinasi dari kompresan dingin dan kantong pemanas dapat menjadi alternatif. Kompresan dingin dapat membantu mengurangi peradangan dan rasa sakit di pinggang. 

Setelah 48 jam menaruh kompresan dingin, Anda dapat menaruh kantong pemanas pada pinggang untuk melemaskan otot, meningkatkan peredaran darah, dan mengurangi sakit pinggang.

5. Melakukan Perenggangan Otot

Regangkan otot paha belakang anda, karena otot paha belakang yang tegang dapat menyebabkan sakit pinggang. 

Karena itu, peregangan otot paha belakang bisa dilakukan untuk mengobati sakit pinggang.

6. Berdiri Sejenak

Cara cepat menghilangkan sakit pinggang dapat dilakukan dengan berdiri sejenak. Sebab, postur tubuh yang membungkuk di kursi saat bekerja dapat meningkatkan risiko sakit pinggang. Anda dapat berdiri setiap 20 menit dan meregangkan tubuh. 

7. Jangan Merokok

Rokok dapat meningkatkan gejala osteoporosis, yang dapat menyebabkan nyeri pinggang. Berhenti merokok adalah salah satu langkah yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi sakit pinggang. [Mu'arofah Sya'ada]

Ummu Assyifa

Jurnalis Bashirah Media

Lebih baru Lebih lama