Merasa Paling Baik

 Foto: penulis

Oleh Alif Fardan | Mahasiswa STAI Al Fatah, Cileungsi, Bogor.

Setiap orang pasti pernah merasakan bahwa dirinya paling baik dalam berbagai bidang, seperti halnya dari penampilan merasa paling tampan atau cantik, dari segi harta merasa paling kaya, serta kedudukan mereka merasa paling berkuasa dan masih banyak lagi.

Namun, tidakkah kita sadari bahwa apa yang kita miliki saat ini adalah sekedar titipan dari pencipta manusia yaitu Allah SWT. Dan ketika Allah SWT berkehendak mengambilnya kembali maka Allah SWT akan ambil semuanya. 

Sebagaimana Allah SWT berfirman:

"(Yaitu) orang-orang yang apabila ditimpa musibah, mereka berkata, "Innā lillāhi wa innā ilaihi rāji'ūn" (sesungguhnya kami milik Allah dan kepada-Nyalah kami kembali)". ( QS Al Baqarah : 156)

Disamping kita harus sadari bahwa semua ini adalah milik-Nya, kita juga harus sadar bahwa semuanya merupakan hanya pemberian dari Allah SWT. Apapun itu bentuknya wajib hukumnya untuk digunakan sebagai sarana ibadah kepada-Nya. Karena jika tidak digunakan untuk ibadah, maka akan dianggap mengkufuri nikmat Allah SWT.

Maka jangan pernah sombong. Karena sifat sombong itu adalah sifat iblis. Ingat, iblis adalah makhluk cerdas tapi ketika ia sombong maka Allah SWT hinakan ia sampai kiamat. 

Kita adalah manusia biasa yang punya potensi untuk mulia bahkan melebihi daripada malaikat, dan begitu pula sebaliknya manusia bisa hina bahkan lebih hina dari pada hewan. Manusia akan mulia karena mempunyai iman serta akan hina karena tidak ada iman di dalam hatinya.

Imam Ali bin Abi Tholib pernah berkata : "Tidaklah ada pada anak Adam (manusia) kemuliaan. Karena permulaannya adalah air mani yang hina, akhir hayatnya adalah bangkai yang menjijikan dan diantara keduanya (masa hidup) ia membawa kotoran (yang najis). Inilah kenyataan hakikat manusia bahwa sebenarnya hina.

Maka mari kita tingkatkan kualitas iman kita dengan memperbanyak amal sholeh dan tentunya harus ikhlas karena Allah SWT dan hanya untuk menggapai ridho-Nya, yaitu surga Allah SWT.[]

Lebih baru Lebih lama