Viral! Seorang Dokter Tidak Patok Biaya Untuk Pasien yang Berobat


Jppn.com


BASHIRAHNEWS.COM, DEPOK - Kisah dokter Rinal Dhuhri ramai diperbincangkan di media sosial. Dia menjadi sorotan karena tidak memasang tarif ke pasien yang berobat di tempat praktiknya, yakni pasien hanya membayar seikhlasnya, Ahad (12/12).

dr. Rinal mengaku sebenarnya sudah lama ingin melakukan aksi mulia tersebut. Hingga akhirnya pada 15 November 2021 lalu, ia menyampaikan jika pengobatan di tempatnya tak mematok biaya hingga membuat pasien berbondong-bondong mendatangi kliniknya.

Bagi pasien yang hendak berobat, klinik dokter Rinal ini buka mulai pukul 09.00 WIB sampai 12.00 WIB. Kemudian akan buka kembali pukul 18.30 WIB sampai 21.00 WIB, di Jalan Jatimulya Nomor 30, Cilodong, Kota Depok, Jawa Barat.

Dokter Rinal ini berasal dari Aceh. Dia memutuskan untuk membuka praktek dengan memasang tarif seikhlasnya karena melihat keadaan warga sekitar yang tidak mampu.

"Saya mulai berobat seikhlasnya di sini karena saya berpikir dulu saya membuat konsultasi gratis, saya liat keadaan di sini nggak semua menengah ke atas, apalagi masa pandemi ya ekonomi mereka, biaya hidup mereka cukup besar untuk makan aja susah," kata Rinal Dhuhri saat ditemui di tempat praktiknya.

"Makannya saya inisiatif supaya suatu saat saya bisa buat berobat seikhlasnya. Semoga terbantu orang-orang di sekitar. Karena materi ini batasannya sampai kain kafan mengikat di badan kita, akhirnya saya buatlah itu (tarif seikhlasnya)," sambungnya.

Dalam sehari, Rinal bisa mengobati 40 sampai 60 pasien. Rinal juga menyampaikan keinginannya yang ingin membuka praktek pengobatan dengan tarif seikhlasnya di tempat-tempat lain.

"Dulu sebelum saya buka seikhlasnya biasanya sih 20-25. Sekarang alhamdulillah di atas 40-60," jelas Rinal.

Ke depannya, Rinal berencana membuka klinik di daerah lain. Sistemnya juga akan seperti yang di Depok, yaitu bayar seikhlasnya.

"Tahun depan atau dua tahun kemudian kalau ada rezeki, mau saya buka lagi di daerah lain," pungkasnya.[]

Mila Sapitri

Jurnalis Bashirah Media

Lebih baru Lebih lama