Manfaat dan Bahaya Makanan Pedas Untuk Kesehatan

 

Gambar: google

BASHIRAHNEWS. COM- Di Indonesia makan makanan pedas sudah menjadi ciri khas. Hampir pada semua menu makanan sehari-hari itu pedas dengan cabai sebagai bumbu utamanya.

Mengutip dari Cleveland Clinic, sebagian besar penelitian tentang makanan pedas berfokus pada capsaicin. Capsaicin adalah senyawa yang terkandung dalam cabai dan bumbu dapur lainnya yang memberikan rasa pedas dan panas.

Makanan pedas memang memiliki manfaat bagi kesehatan, diantaranya:

1. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Salah satu manfaat dari konsumsi makanan pedas adalah dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dari penyakit yang menyerang. 

Manfaat tersebut didapatkan melalui konsumsi cabai dan paprika yang terkenal akan kandungan vitamin C dan A-nya yang sangat tinggi. Kedua jenis vitamin tersebut merupakan zat antioksidan yang bermanfaat untuk melindungi tubuh dari serangan penyakit. 

2. Menurunkan Berat Badan 

Rasa pedas dan terbakar di lidah saat mengonsumsi cabai disebabkan karena adanya kandungan senyawa capsaicin pada cabai. Ternyata, kandungan tersebut dapat meningkatkan temperatur tubuh dan mempercepat kerja metabolisme, sehingga kalori dalam tubuhmu dapat lebih cepat terbakar.

3. Mencegah Kanker

Kandungan capsaicin pada cabai juga berkhasiat untuk menghambat atau bahkan mematikan pertumbuhan sel-sel kanker tanpa merusak sel-sel sehat di sekitarnya. Manfaat ini bisa didapatkan jika mengkonsumsi cabai dengan rutin.

Makanan pedas juga dapat memberi manfaat terhadap kesehatan jantung. Pasalnya, cabai dapat mencegah terjadinya pembekuan darah. Kandungan capsaicin terbukti efektif melawan inflamasi yang merupakan penyebab dari penyakit jantung.

Selain memberikan manfaat untuk kesehatan, makanan pedas juga bisa memberikan bahaya, diantaranya: 

1. Maag

Salah satu bahaya dari mengonsumsi makanan pedas adalah maag. Jumlah cabai yang banyak dapat menyebabkan lambung mengalami iritasi atau peradangan, yang umumnya disebut penyakit maag. Bukan hanya itu, bahkan kamu juga dapat mengalami diare dan sakit kepala karenanya.

2. Asam Lambung Naik

Seseorang yang kerap mengkonsumsi makanan yang sangat pedas dapat menyebabkan dampak buruk pada lambung. Pasalnya, makanan pedas dapat memicu naiknya asam lambung yang menyebabkan tenggorokan menjadi panas. Selain itu, dinding lambung pun dapat mengalami iritasi dan kerusakan.

3. Mengiritasi Usus

Usus juga merupakan salah satu bagian dalam tubuh yang terbilang sensitif. Sehingga, jika seseorang mengonsumsi makanan pedas terlalu banyak maka dapat menimbulkan bahaya.  Gangguan pada usus mungkin akan sulit kamu hindari, sehingga menimbulkan iritasi.

4. Dapat Memengaruhi Suara

Mengutip dari Insider, makan makanan pedas dapat menyebabkan pita suara meradang dan suara serak.

Selain mengiritasi tenggorokan, makanan pedas dapat menyebabkan lebih banyak kerusakan karena refluks asam yang dapat dipicunya. [Mila Sapitri]

Lebih baru Lebih lama