5 Cara Alami Atasi Mata Minus

ilustrasi

BASHIRAHNEWS.COM,
 Myopia yang juga dikenal dengan rabun jauh adalah kondisi di mana seseorang kesulitan melihat suatu objek. Hal ini disebabkan karena adanya kelainan refraksi mata yang akhirnya membuat objek dalam jarak jauh tidak terlihat begitu jelas.


Berikut cara alami yang bisa digunakan agar minus pada mata tidak semakin bertambah.

1. Konsumsi Makanan Bervitamin dan Berserat Tinggi

Mengonsumsi makanan dan buah-buahan yang tinggi vitamin A merupakan salah satu cara menyembuhkan mata minus atau rabun jauh dengan alami. Realfoodfam bisa mendapatkannya dari wortel, minyak hati ikan kod, ubi jalar, ikan salmon, tomat, dan hati sapi.

Realfoodfam bisa mengonsumsi sarden, kaviar, bayam, mangga, pepaya, jagung, minyak biji gandum, melon, dan kacang almond sebagai upaya untuk menghilangkan mata minus secara alami.

2. Latihan Senam Mata

Mengurangi minus mata dapat dengan melakukan latihan senam mata. Mata yang lelah dapat membuat kecacatan mata seperti mata minus. Kamu dapat melakukan gerakan-gerakan ringan pada mata untuk merangsang otot mata agat dapat berkontraksi dengan baik.

3. Latihan Fokus Menggunakan Telunjuk

Memfokuskan penglihatan pada satu titik merupakan salah satu cara untuk mengurangi mata minus. Untuk lebih gampangnya, kamu dapat menggunakan jari telunjuk sebagai titik.

Cara melakukannnya yaitu dengan meletakkan telunjuk 10 cm dari hidung. Fokuskan pandangan ke arah telunjuk, kemudian alihkan fokus ke objek yang jauh di belakang telunjuk. Lakukan hal ini dengan hanya melirik tanpa menggeserkan kepala dan ulangi hingga 10 kali sehari. Kamu dapat mencari posisi duduk yang nyaman sebelum melakukannya.

4. Menjemur Mata di Pagi Hari

Menjemur mata pagi hari merupakan salah satu cara mengurangi mata minus secara alami. menutup kedua mata dan arahkan mata ke arah matahari sampai bola mata terasa hangat. Sebaiknya lakukan hal ini di pagi hari, supaya asupan vitamin D juga dapat tercukupi.

5. Lepas Kacamata

Lepaskan kacamata ketika sudah tidak diperlukan dapat menjadi cara alami untuk membantu mengurangi minus mata.
Menggunakan kacamata akan membuat mata terbiasa terfokus pada pusat lensa atau bagian tengah kacamata. Hal ini dapat membuat otot mata menjadi kaku karena bola mata jarang bergerak.

Itulah beberapa cara mengurangi mata minus secara alami yang bisa kamu lakukan. Sebelum mengobatinya, ada baiknya kamu melakukan pencegahan dengan tetap merawat kesehatan mata.

[Ahmad Firmansyah]
Lebih baru Lebih lama