6 Tradisi 1 Muharram di berbagai daerah Indonesia



BASHIRAHNEWS.COM- Tahun Baru Islam atau Hijriah bagi sebagian daerah di Indonesia, diperingati dengan tradisi yang cukup unik. Berbagai tradisi perayaan Tahun Baru Hijriah biasanya merupakan turun-temurun atas budaya dan unsur Islami yang ada.

Tahun Baru 1443 Hijriah kali ini jatuh pada tanggal 10 Agustus 2021. Bagi sebagian umat Islam di Indonesia, momen ini tak hanya dijadikan momen sakral dengan berdoa, namun juga berbagai tradisi.

Berikut ini 6 tradisi memperingati Tahun Baru Hijriah di Indonesia:

1. Pawai Obor

Di sebagian besar daerah, kegiatan Tahun Baru Islam dilakukan dengan pawai obor. Dengan mengenakan pakaian muslim, masyarakat berpawai memegang obor keliling desa/kampung untuk merayakan tahun baru hijriyah.

2. Kirab Muharram, Surakarta

Berbeda dengan keraton Yogyakarta, Keraton Surakarta memiliki tradisi 1 Muharram atau Tahun Baru Islam yakni Kirab Muharram. Tradisi ini adalah ritual yang dilakukan oleh Keraton Surakarta dengan menghadirkan kerbau bule atau kerbau putih milik Kiai Slamet. Kerbau Bule merupakan hewan kesayangan Susuhunan yang dianggap keramat.

3. Grebeg Suro, Ponorogo

Masyarakat Ponorogo merayakan Tahun Baru Islam dengan tradisi Grebeg Suro. Pada tradisi ini masyarakat menggelar pawai, kirab sejarah, larungan doa, dan seni reog. Warga di Ponorogo, Jawa Timur juga mengadakan tirakatan, yaitu tidak tidur semalaman untuk menyambut tahun baru Islam.

4. Bubur Asura, Kalimantan

Di Kalimantan, ada makanan khas yang adanya hanya di tahun baru Islam yaitu Bubur Asura. Bubur ini terbuat dari beras yang dimasak lama dengan santan dan dicampur dengan berbagai macam sayur-sayuran.

5. Tradisi Ngadulag, Jawa Barat

Berbeda dengan tradisi kebanyakan di Jawa, masyarakat Sunda di Jawa Barat memiliki tradisi yang dinamakan Ngadulang. Ngadulang merupakan salah satu acara yang diselenggarakan oleh pemerintah Sukabumi untuk merayakan tahun baru Islam. Di tahun baru Islam, ada perlombaan menabuh bedug yang menarik dan wajib diikuti.

6. Mabit di Masjid, Jakarta

Perayaan 1 Muharram yang satu ini patut dicontoh nih. Masjid-masjid di Jakarta sering menyelenggarakan mabit pada malam Tahun Baru Islam. Biasanya kegiatan ini diisi dengan ceramah agama, tujuannya untuk melakukan refleksi diri selama menginap di masjid.[Ahmad Firmansyah]

Yuharriska

Jurnalis Bashirah Media

Lebih baru Lebih lama