5 Seafood yang Banyak Mengandung Vitamin D


BASHIRAHNEWS.COM,
Banyak sumber nutrisi yang mampu menguatkan sistem imun, termasuk vitamin D dan kalsium. Dua nutrisi ini terkandung dalam beragam seafood.

Selama ini vitamin D dan kalsium dikenal memiliki fungsi untuk meningkatkan kesehatan tulang dan gigi. Padahal vitamin D dan kalsium juga berperan untuk meningkatkan sistem imun dan mencegah paparan virus Covid-19.

Dalam sehari, orang dewasa membutuhkan 1000 mg kalsium dan 200 IU vitamin D. Nutrisi ini bisa dipenuhi lewat berbagai asupan makanan, salah satunya aneka seafood, mulai dari ikan hingga cumi-cumi.

Dilansir dari HealthLine (1/8) Vitamin D memiliki fungsi antiinflamasi yang membantu meredakan peradangan. Vitamin D juga secara alami mencegah paparan virus karena sifatnya sebagai antivirus.

Berikut beberapa makanan seafood yang banyak mengamdung vitamin D

1. Salmon

Ikan salmon mengandung asam lemak omega-3 yang baik untuk kesehatan jantung. Selain itu, ikan salmon memiliki kandungan kalsium yang tinggi. Dalam 180 gram ikan salmon mengandung 181 mg kalsium.

Tak hanya kalsium, ikan berdaging oranye ini juga sumber vitamin D dan fosfor. Peran fosfor dalam tubuh yakni untuk meningkatkan penyerapan kalsium. Dalam 100 gram ikan salmon mengandung 526 IU vitamin D.

2. Ikan Sarden

Ikan sarden yang berasal dari jenis ikan herring juga mengandung kalsium berlimpah. Dalam 100 gram ikan sarden mengandung 325 mg kalsium. Tak hanya pada bagian dagingnya saja, kalsium ikan sarden juga berlimpah pada bagian tulangnya.

Karena tulangnya juga tinggi kalsium maka banyak ahli gizi yang menyarankan untuk makan ikan sarden beserta tulangnya. Dalam ikan sarden juga mengandung vitamin A dan vitamin D. Nutrisi lain dalam ikan sarden antara lain iodine, selenium, zinc, zat besi, fosfor, dan fluoride.

3. Ikan teri

Ikan teri mengandung juga mengandung kalsium yang cukup tinggi. Dalam 100 gram ikan teri terkandung 232 mg kalsium yang baik untuk kesehatan tubuh. Ikan teri kerap diolah menjadi ikan asin dengan tujuan untuk membuatnya awet dan punya masa simpan lebih panjang.

Meskipun sudah diolah menjadi ikan asin, kandungan kalsiumnya tetaplah utuh. Ikan teri juga mengandung vitamin A yang membantu menjaga kesehatan mata. Teri juga mengandung fluoride, omega 3, protein, serta zat besi.

4. Ikan tenggiri

Ikan tenggiri tercatat memiliki kandungan vitamin D yang tinggi. Bahkan dalam daging, kulit dan tulang ikan tenggiri pun bisa ditemukan vitamin D dalam jumlah relatif banyak.

Setiap 100 gram ikan tenggiri mengandung lebih dari 1000 IU vitamin D. Ikan yang kerap dijadikan olahan pempek ini juga kaya vitamin B12 yang punya manfaat untuk mencegah sariawan atau luka di mulut.Mengonsumsi ikan tenggiri satu kali dalam seminggu dapat meningkatkan imun tubuh serta menjaga kesehatan tulang dan gigi. 

5. Cumi-cumi

Kandungan mineral dalam cumi-cumi dapat menguatkan dan memperbaharui sel-sel tulang sehingga menjadi kuat dan kepadatan tulangnya terjaga. Cumi-cumi, juga sumber zinc yang efektif meningkatkan sistem imunitas tubuh.

Dalam 100 gram cumi-cumi mengandung 39 mg kalsium. Tak hanya kalsium, cumi-cumi juga mengandung selenium yang berfungsi sebagai antioksidan yang mampu mengurangi berbagai penyakit.[] 

Lebih baru Lebih lama