BASHIRAH MEDIA

PPKM Solusi Pandemi?

 

kompas.com

Oleh Arina Islami | Mahasiswi STAI Al Fatah Cileungsi, Bogor



INDONESIA saat ini berada dalam priode kedua darurat Covid-19. Hal ini menjadi alasan pemerintah kembali memberlakukan aturan untuk membendung laju kenaikan angka positif virus yang saat ini memenuhi media dan isi kepala kita.

Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) sudah ditetapkan sejak 3 Juli sampai 20 Juli 2021 mendatang. Namun, kabar terbaru menyebutkan pemerintah akan memperpanjang masa PPKM hingga 6 minggu. Bagi kalangan atas, ini bukanlah kabar yang buruk.

Solusi yang ditawarkan pemerintah untuk menekan angka kematian akibat Covid-19 mungkin tidak menjadi masalah bagi sebagian orang yang tetap bisa bekerja dari rumah atau Work from Home (WFH) tetapi untuk masyarakat yang mata pencahariannya hanya bisa dilakukan di luar rumah, aturan ini bukanlah solusi yang bijak.

Banyak video beredar di jagat maya. Saya dan kamu bisa menyaksikannya dengan leluasa, bagaimana aparat keamanan menertibkan masyarakat yang melanggar PPKM, ada yang menggunakan cara santun, tapi tidak sedikit pula yang menertibkan dengan mengabaikan sisi kemanusiaan.

Aparat keamanan, para anggota dewan, para karyawan perusahaan yang bisa berkerja dengan cara WFH, aturan PPKM sangat membantu mereka terhindar dari virus yang tidak habis-habisnya menyerang masyarakat Indonesia. Mereka pun masih bisa bekerja dan menerima gaji bulanan.

Sedangkan masyarakat kecil yang mendapat upah harian, yang harus menjajakan dagangan di jalanan, yang hasil kerja hari ini hanya bisa dipakai hari ini saja, apakah PPKM menjadi solusinya? Mungkin mereka tidak terjangkit virus corona, tapi bisa saja mereka diserang virus kelaparan. Oh iya, virus kelaparan tidak akan menyerang orang kaya, maka dari itu kelaparan tidak pernah ramai di media.

Kita bisa saja berteriak, "di rumah saja", "patuhi aturan pemerintah", tapi dengan di rumah saja tidak memberikan jaminan apa-apa untuk mereka yang hidupnya tergantung apa yang didapat hari ini.

Bicara takut mati, semua orang takut mati. Tapi ada kompor yang harus tetap menyala, ada keluarga yang harus dihidupi, ada perut yang harus diberi makan untuk bisa tetap hidup.

Jangan sampai aturan PPKM yang awalnya bertujuan menjadi solusi untuk pandemi, malah menimbulkan masalah baru yang lebih mematikan dari Covid-19. Jangan sampai PPKM menjadi virus baru yang tidak hanya menyerang tubuh manusia, tapi juga menyerang rasa kemanusiaan. []
Lebih baru Lebih lama