7 Manfaat Madu Hitam Pahit

Foto by Google 

BASHIRAHNEWS.COM, Madu hitam pahit ini diibaratkan obat antibiotik alami karena sifat bakteriostatik. Meski kurang populer karena rasanya yang pahit, madu hitam ternyata menyimpan berbagai khasiat bagi kesehatan.


Dari namanya, ciri madu hitam adalah warnanya yang cenderung lebih gelap ketimbang jenis madu lainnya. 


Madu hitam didapat dari lebah yang menyerap sari bunga mahoni sehingga memiliki warna cokelat tua dan rasanya agak pahit. Warna dan rasa tersebut dipengaruhi oleh senyawa alkaloid dari pohon mahoni. 


Namun, alkaloid bukan cuma menyumbang rasa pahit saja, justru zat tersebut yang membawa manfaat buat kesehatan Anda. Berikut ini adalah manfaat yang bisa Anda dapatkan dengan mengonsumsi madu hitam secara rutin:


1. Cocok Penderita Diabetes


Madu hitam memiliki potensi yang baik untuk dikonsumsi oleh orang-orang dengan kadar gula darah tinggi.


Kabar baiknya lagi, tak seperti madu kebanyakan, madu hitam juga memiliki kandungan gula atau glukosa yang lebih rendah. 


Alhasil, madu hitam disebut-sebut lebih aman untuk dikonsumsi orang-orang dengan diabetes (diabetesi).


2. Menangkal Radikal Bebas dan Mencegah Penyakit Kronis


Senyawa asam fenolat berfungsi sebagai antioksidan alami yang mampu menghambat aktivitas radikal bebas di dalam tubuh.


Karena kandungannya tinggi, asam fenolat dalam madu hitam bisa meningkatkan daya tahan tubuh, menangkal kanker, mencegah peradangan maupun penyempitan pembuluh darah.


Flavonoid juga berperan sebagai antioksidan yang melawan radikal bebas dalam tubuh. Artinya, siapa saja yang mengonsumsinya.


3. Melancarkan Aliran Darah ke Otak


Kandungan flavonoid di dalam madu tersebut bisa membantu melancarkan aliran darah ke otak, sehingga fungsi otak akan tetap terpelihara.


Antioksidan flavonoid dalam madu hitam dipercaya bisa mempercepat regenerasi sel-sel saraf di luar otak dan sumsum tulang belakang. 


Anda yang ingin menjaga daya ingat hingga tua juga bisa mengonsumsi madu hitam secara rutin. 


4. Menjadi Obat Alergi Alami 


Manfaat madu hitam untuk kesehatan juga dapat dinikmati oleh mereka yang memiliki alergi. 

Gangguan kesehatan yang berkaitan dengan alergi seperti, asma, rinitis, eksim atopik, dan lain sebagainya, dapat dibantu dengan adanya kandungan flavonoid madu hitam.


5. Mengatasi Batuk


Penelitian dalam jurnal medis “Child Pediatric Health” melaporkan, madu hitam dapat mengurangi frekuensi batuk yang dialami anak-anak dengan bronkitis. 

Madu hitam dinilai cukup efektif diberikan kepada orang-orang yang belum mencoba pengobatan apa pun untuk mengatasi batuk


6. Membantu Atasi Gejala Sakit Lambung


Penderita sakit lambung sering mengalami sekumpulan gejala, seperti nyeri di sekitar ulu hati, kembung, mual, dan muntah. 


Nah, salah satu cara alami untuk mengatasi sakit lambung adalah mengonsumsi madu hitam. 


Jenis madu ini memiliki sifat dasar sebagai antibiotik, sehingga dapat mengurangi gejala sakit lambung yang disebabkan oleh infeksi bakteri Helicobacter pylori.


7. Sebagai pengobatan nyeri sendi


Nyeri sendi akibat asam urat bisa disembuhkan dengan madu hitam. Sifat detoks (penetral racun) yang terkandung dalam madu juga dapat menetralkan zat purin, penyebab utama asam urat, yang dapat terurai dan mudah dikeluarkan oleh ginjal. [Arofah] 

Lebih baru Lebih lama