Pertama kali, Arab Saudi Rilis Foto Close-Up Hajar Aswad

Hajar aswad (Reasahalharmain)


BASHIRAHNEWS.COM, ARAB SAUDI - Pemerintah Arab Saudi merilis foto close-up Hajar Aswad atau Black Stone di Kakbah dengan resolusi tinggi untuk pertama kalinya pada Senin, (3/5).


Presiden Umum Urusan Dua Masjid Suci, Masjidil Haram dan Masjid Nabawi mengatakan bahwa foto detail dari Hajar Aswad ini diabadikan dengan teknik baru, yakni menggunakan teknologi Fox Stack Panorama.


Dilansir dari Alarabiya News, batu Hajar Aswad difoto selama tujuh jam untuk menghasilkan satu gambar dengan resolusi tertinggi. Gambar berukuran hingga 49 ribu megapiksel tersebut membutuhkan waktu 50 jam untuk proses editing.


Hajar Aswad terletak di sudut tenggara Kabah. Batu yang menurut kepercayaan umat Muslim berasal dari surga itu menjadi titik awal-akhir saat menjalankan tawaf.




Batu bersejarah itu berwarna kemerah-merahan dengan diameter 30 sentimeter dan dikelilingi bingkai perak murni untuk mengawetkannya, terletak di sudut Ka'bah, sekitar satu setengah meter dari tanah.


Hajar Aswad merupakan sebuah batu yang diyakini oleh umat Muslim diturunkan langsung dari surga dan diberikan kepada Nabi Ibrahim oleh malaikat Jibril. [Yuharriska]

Lebih baru Lebih lama