Hamas Luncurkan Ratusan Roket Ke Tel Aviv

BASHIRAHNEWS.COM, GAZA - Hamas menembakkan lebih dari 200 roket ke Israel sebagai serangan balasan atas gempuran udara negara itu. Dari ratusan roket yang dibombardir ke Israel, beberapa di antaranya berhasil menembus Iron Dome.


Sebagai informasi, Iron Dome merupakan sistem pertahanan udara Israel. Iron Dome dikembangkan oleh perusahaan Israel, Rafael Advanced Defense Systems dan Israel Aerospace Industries, dengan dukungan finansial dan teknis dari Amerika Serikat.

Pada Selasa (11/5) waktu setempat, militer Israel kembali mengklaim bahwa 90 persen roket yang mencapai wilayah udara Israel dihancurkan oleh Iron Dome. Pejabat militer Israel itu, mengatakan sekitar 500 rudal telah ditembakkan dari Gaza sejak awal konflik.

Meski mayoritas berhasil ditangkal, namun 10 persen roket yang ditembakkan Hamas berhasil menembus Iron Dome. Sebuah pipa milik perusahaan energi Israel pun terkena serangan udara Hamas tersebut akibat Iron Dome gagal mencegat.

Video yang disiarkan oleh Channel 12 menunjukkan kobaran api yang membumbung dari tempat yang tampak seperti tong bahan bakar besar di dekat kota Ashkelon di Mediterania Israel, selatan Tel Aviv.

Empat warga Israel dilaporkan tewas dan ratusan orang luka-luka akibat roket yang ditembakkan dari Gaza.

Dalam sebuah pernyataan, dilansir AFP, Rabu (12/5), Hamas menembakkan 110 roket ke arah Kota Tel Aviv dan 100 roket ke arah Beersheva. Hamas juga telah mengklaim bahwa mereka menembakkan 137 roket dalam kurun lima menit ke arah Ashkelon pada Selasa (11/5) sore.

Setelah itu, Hamas juga mengklaim menembakkan 130 roket ke arah Ibu Kota Israel, Tel Aviv. Serangan itu sempat membuat bandara internasional Israel, Ben Gurion, menghentikan sementara semua penerbangan.

Sementara itu, setidaknya 35 warga Palestina telah tewas oleh serangan Israel, termasuk 10 anak-anak, dan lebih dari 220 lainnya terluka. [Fatimah]
Lebih baru Lebih lama