Mantan Pevoli Putri Aprilia Manganang Ditetapkan Sebagai Laki-laki



BASHIRAHNEWS - Kenalkah kamu dengan Aprilia Manganang?, ia adalah mantan pevoli putri Indonesia kelahiran Tanuha, Sulawesi Utara.

Saat ini Aprilia tengah menjadi pembicaraan hangat terkait penetapan jenis kelaminnya, dari perempuan menjadi laki-laki.

Hal itu disampaikan oleh Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD), Jenderal TNI Andika Perkasa, ia mengatakan bahwa mantan atlet voli yang juga berpangkat TNI Sersan Dua (Serda), Aprilia Manganang adalah seorang laki-laki. Hal itu ia sampaikan pada Selasa 9 Maret 2021 saat menggelar konferensi pers terkait kondisi Aprilia Manganang.

Mengapa hal tersebut bisa terjadi?, Andika mengatakan bahwa ia berinisiatif untuk melakukan pemeriksaan medis kepada Aprilia karena sempat beredar kabar terkait fisiknya yang mirip laki-laki.

Pada 3 Februari 2021, Aprilia menjalani pemeriksaan medis mulai dari rekam kesehatan, hormon, hingga pemeriksaan organ di RSPAD Gatot Subroto.

Hasil pemeriksaan menunjukkan Aprilia lebih memiliki organ tubuh laki-laki, ia juga memiliki kadar hormon testoteron lebih tinggi, dan tidak memiliki organ internal perempuan.

Yang kemudian dinyatakan ia mengalami kelainan hipospadia serius. Kelainan ini merupakan kondisi langka yaitu ketika lubang kencing penis ada pada bagian bawah dan bukannya diujung.

Hal itu terjadi karena keterbatasan ekonomi keluarga yang membuat Aprilia Manganang tidak mendapat perawatan dan pemeriksaan lanjutan sejak kecil.

Oleh paramedis yang membantu kelahirannya dan orangtua menetapkannya sebagai perempuan hanya dari tampilan fisik saja.

Dengan demikian Aprilia Manganang bukanlah transgender maupun interseks, hal itu ditegaskan oleh Andika Perkasa.

“Aprilia Manganang bukan transgender. Bukan juga interseks. Tidak masuk dalam kategori itu semua. Saya tahu definisinya dan tim dokter pun tahu semua definisinya," jelas Andika Perkasa.

Hal ini kemudian membuat TNI membantu Aprilia menangani kelainannya. Aprilia pun kemudian menjalani corective surgery dan menjalani operasi pertama di RSPAD Gatot Subroto, Jakarta, dengan sukses. Rencanannya, ada satu operasi lagi yang akan dijalani Aprilia.

Andika pun menjelaskan bahwa Aprilia sendiri menjalani rekrutmen khusus ketika masuk ke satuan TNI AD. Itu sebabnya, Aprilia tidak menjalani pemeriksaan penuh ketika bergabung dengan Korps Wanita TNI Angkatan Darat. [Fatimah]

Lebih baru Lebih lama