Bekam Hadiah Isra’ Mi’raj Yang Terlupakan


 

Oleh : Musdar Bustama TambusaiFounder MATAIR Int. dan anggota PBI / Perkumpulan Bekam Indonesia, SUMUT


Menyambut momen Isra’ Mi’raj yang jatuh pada 27 Rajab 1442 H / 11 Maret 2021, saya menganggap tema Isra’ Mi’raj sangat menarik untuk di dikusikan seperti halnya tema shalat yg dapat diulas dan dikupas dari berbagai aspek.


Tapi, ada yang terlupakan dalam diskusi-diskusi Isra’ Mi’raj, yaitu bekam atau al-hijamah. Selama ini, kita selalu mendengar isi ceramah Isra’ Mi’raj yang disampaikan oleh para asaatidz berkisar pada persoalan ibadah shalat. Masalah bekam tidak pernah tersampaikan tanpa alasan yang jelas. Atau mungkin para penceramah tidak memiliki pengetahuan yang memadai tentang bekam.


Dalam sebuah hadits dijelaskan bahwa ketika Rasulullah saw melewati para malaikat saat di isra’- kan, mereka (para malaikat itu) berkata “Ya, Muhammad, perintahkan umatmu berbekam”. Dalam hadits lain, Rasulullah saw bersabda “Jibril memberitahukan kepadaku bahwa bekam adalah sebaik-baik obat yang patut dilakukan manusia” (Lihat : Shahih al-Jami’ no. 218)


Jika para malaikat memberitahu atau memerintahkan umat Islam melalui Nabi saw untuk berbekam, tentulah manfaat bekam itu mereka ketahui dari Allah swt. Sebab para malaikat berkata “Mahasuci Engkau (ya Allah), sesungguhnya kami tidak punya pengetahuan kecuali apa yang Engkau ajarkan kepada kami” (QS. al-Baqarah : 32)


Bekam adalah pengobatan yang dilakukan dengan cara melakukan torehan (insisi) atau sayatan tipis pada kulit untuk mengeluarkan toksin (racun) dari tubuh melalui pengeluaran darah yang terjadi setelah insisi (torehan) tersebut


Jika dilihat dari segi medis, pembekaman ini sudah tergolong kepada bedah minor sehingga harus diperhatikan sterilisasi alat-alat (instrument) yang digunakan. Sebab, jika sterilisasi tidak diperhatikan maka dikhawatirkan terjadi tindakan yang bertentangan dengan sunnah Rasulullah saw dan juga bertentangan dengan konsep kedokteran modern. [] 

#bekamsunnah

#bekamsunnahrasulullah

#isramiraj

Lebih baru Lebih lama