Basah Boleh Tenggelam Jangan




Oleh Yuharriska
| Mahasiswi STAI Al Fatah Cileungsi
 

Sebagai manusia yang menjalani kehidupan tentunya kita tidak lepas dari berbagai macam masalah. Masalah memang tidak bisa diprediksi dan terkadang datang dalam berbagai macam bentuk yang senantiasa membuat hidup kita semakin sulit baik secara fisik maupun mental.


Layaknya roda kehidupan yang terus berputar, terkadang kita sering merasa masalah yang kita hadapi terlalu berat dan membuat kita berpikir, bahwa masalah tersebut tidak akan berlalu. Namun percayalah, semua hal di dunia ini tidak ada yang abadi dan suatu saat akan berlalu termasuk masalah kita.


Kerap kali saat ingin meraih sesuatu, apa pun itu bentuknya, mulai dari pekerjaan hingga percintaan, ada saja hal yang dapat menyurutkan semangat yang menimbulkan perasaan ingin menyerah.


Semangat hidup seringkali menipis karena target yang awalnya ditetapkan tidak kunjung tercapai. Meskipun telah berupaya keras, tujuan yang diinginkan tersebut mungkin belum bisa benar-benar terwujud. Seiring dengan hal ini, rasa gagal biasanya akan muncul, diikuti perasaan rendah diri dan tidak berharga. 


Kita boleh merasa cape namun dalam meraih kesuksesan kita harus selalu bergerak, istirahatlah sejenak namun ingat janganlah berlama-lama dan kembali untuk berjuang.Kita juga dapat mencari sebuah motivasi yang dapat membangkitkan semangat kita yang sedang menyusut.


Supaya tidak terpuruk terus-menerus, Anda sebaiknya merancang sebuah target baru yang dianggap lebih masuk akal. Bukan ingin menyerah dengan target yang lama, tetapi Anda harus berusaha logis dan relaks. Sadarkan diri bahwa gagal itu merupakan hal yang wajar. 


Ingat "Basah Boleh Tenggelam Jangan" kita boleh cape tapi tidak boleh menyerah.


Untuk membangkitkan semangat hidup yang hilang, kita harus pandai bersyukur. Ini akan sulit jika dalam hati selalu muncul rasa pesimis terhadap suatu keadaan atau justru cenderung cuek dengan situasi di sekeliling. 


Kunci untuk membangkitkan semangat ada dalam diri kita sendiri. Jika kita pantang menyerah dan memiliki motivasi yang kuat, tidak ada satu pun yang dapat menurunkan semangat kita.


Jadi semangatlah dan terus bergerak karna setiap detik nya sangat berharga, ingat ketika kita bermalas-malasan,diluar sana masih banyak orang yang menyusun strategi dan tetap bergerak mengejar mimpi mereka masing-masing, apa kita ingin tertinggal?

Kembali lagi pada diri kita!

Lebih baru Lebih lama