5 Kebun teh terindah di Indonesia


BASHIRAHNEWS.COM -
Tidak hanya terkenal dengan wisata bahari dan pegunungannya, Indonesia juga punya banyak kebun teh yang membentang luas. Mampirlah sesekali ke salah satunya dan nikmati sendiri pesonanya. Dominasi warna hijau dari dedaunan teh dan sejuknya udara di dataran tinggi bakal bikin penat seketika sirna.


Berikut 5 kebun teh paling indah di Indonesia yang bisa kamu kunjungi.


1. Kebun Teh Wonosari, Malang, Jawa Timur


Malang memiliki ratusan destinasi wisata yang keren, termasuk kebun teh. Terletak di Kecamatan Lawang, Kebun Teh Wonosari ini cocok sebagai alternatif wisata di akhir pekan.

Sejuknya udara di sana gak bakal bikin keringetan, meski kamu mengelilingi kebun teh yang berada di lereng Gunung Arjuna itu. Kebun Teh Wonosari ini memiliki ketinggian hingga 1.250 meter di atas permukaan laut.

2. Kebun Teh Kaligua, Brebes, Jawa Tengah


Berlatar belakang Gunung Slamet, Kebun Teh Kaligua cocok buat destinasi akhir pekan bareng keluarga. Berlokasi di Desa Pandansari, Kecamatan Paguyangan Brebes, Jawa Tengah, kamu bisa menyaksikan matahari terbit yang memukau di sini.

Perkebunan teh ini merupakan peninggalan masa penjajahan kolonial Belanda yang kini dikelola PTPN IX.

3. Kebun Teh Kayu Aro, Jambi


Terletak di Kabupaten Kerinci, Kota Jambi, ada satu kebun teh yang sudah sejak zaman dahulu terkenal dengan keindahannya. Bahkan kabarnya, Kebun Teh Kayu Aro ini merupakan salah satu kebun teh terbesar di Asia Tenggara bahkan juga mungkin di dunia.

4. Kebun Teh Tambi, Dieng Wonosobo


Berada di Kebun Teh Tambi ini, maka mata Anda akan dihibur dengan indahnya Dataran Tinggi Dieng yang dipadu dengan sejuknya udara Gunung Sindoro. Kebun teh yang dikelola oleh PT Tambi ini merupakan perkebunan teh yang sarat akan sejarah karena pada zaman dahulu, tempat ini merupakan milik Pemerintah Belanda.

5. Kebun Teh Kertowono, Lumajang, Jawa Timur


Kebun Teh Kertowono terletak di Desa Guci Alit, Kecamatan Guci Alit, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur. Di tempat ini kamu akan dimanjakan dengan panorama beberapa gunung yang indah, seperti Gunung Semeru, Lemongan, Raung, dan Argopuro.

Tidak hanya menikmati keindahan dan kesejukannya, kamu juga bisa mengikuti proses pengolahan daun teh, mulai dari pemetikan hingga mencicipi rasanya. Seru banget kan.

Nah, itulah beberapa kebun teh di Indonesia yang bisa jadi rekomendasi wisata serumu. Mana dulu ni yang bakal kamu kunjungi?

[Ahmad Firmansyah]
Lebih baru Lebih lama