Say No to "Julid"

 

Foto : Sa'adah Fitria 


Oleh Sa'adah Fitria | Mahasiswi STAI Al-Fatah Cileungsi, Bogor



KEBIASAAN menyindir seseorang, saat ini sudah menjadi hal lazim yang dilakukan oleh seseorang yang iri dan dengki terhadap kehidupan orang lain.


Sikap seperti itu, saat ini lebih dikenal dengan istilah julid. Mungkin kata julid sudah tak asing lagi di telinga kita, apa lagi pada kaum milenial saat ini. Di mana kata julid sering digunakan oleh generasi milenial yang aktif di media sosial. Sikap ini lebih banyak membicarakan keburukan orang lain.


Sebetulnya apa sih arti kata julid itu sendiri?


Kata julid memang tak terdapat di KBBI, namun kata julid sendiri memiliki arti sirik, iri, dengki, nyinyir dan suka menyindir orang lain. Tidak bisa melihat orang lain senang dan bahagia. 


Perilaku julid sama dengan perilaku ghibah, yaitu sering membicarakan dan menyindir orang lain karena sikap iri dan dengki yang terdapat di dalam hati.


Lalu bagaimana Islam memandang sikap julid terhadap orang lain?


Sebagai seorang muslim, sikap julid ini wajib kita hindari. Sebab ancamannya sangat fatal hingga berakibat sholat tidak akan diterima.


Hal ini di bahas dalam Al-Qur'an surat Al-hujurat ayat 12 :


يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا اجْتَنِبُوا كَثِيرًا مِنَ الظَّنِّ إِنَّ بَعْضَ الظَّنِّ إِثْمٌ ۖ وَلَا تَجَسَّسُوا وَلَا يَغْتَبْ بَعْضُكُمْ بَعْضًا ۚ أَيُحِبُّ أَحَدُكُمْ أَنْ يَأْكُلَ لَحْمَ أَخِيهِ مَيْتًا فَكَرِهْتُمُوهُ ۚ وَاتَّقُوا اللَّهَ ۚ إِنَّ اللَّهَ تَوَّابٌ رَحِيمٌ


Artinya: Hai orang-orang yang beriman, jauhilah kebanyakan prasangka (kecurigaan), karena sebagian dari prasangka itu dosa. Dan janganlah mencari-cari keburukan orang dan janganlah menggunjingkan satu sama lain. Adakah seorang di antara kamu yang suka memakan daging saudaranya yang sudah mati? Maka tentulah kamu merasa jijik kepadanya. Dan bertakwalah kepada Allah Sesungguhnya Allah Maha Penerima Taubat lagi Maha Penyayang. 


Betapa mengerikannya dampak dari sikap julid ini. Untuk itu mulai sekarang marilah memperbaiki diri dan hilangkan sikap iri dan dengki terhadap orang lain. Sehingga sikap julid dan ghibah tak menjadi kebiasaan buruk yang dilakukan secara sadar maupun tidak sadar.


Ayo mulai sekarang katakan NO pada JULID.[] 

Lebih baru Lebih lama