Arkeolog Temukan Kuburan Islam Di Spanyol



BASHIRAHNEWS.COM, ZARAGOZA - Kompleks pemakaman besar (nekropolis) dari era Islam Spanyol ditemukan di kawasan timur laut Spanyol. Ada sekitar 4.500 jenazah yang ditemukan di nekropolis ini, 400 diantaranya sudah di evakuasi. 


Pekerja jalan di kasawan Kota Tauste, timur laut Spanyol secara tak terduga menemukan kuburan Islam. Temuan ini menjadi bukti tentang keberadaan pemukiman umat Islam di daerah tersebut. 


Dilansir dari CNN, Mingggu (29/11/2020), arkeolog mengekskavasi 400 batu nisan di situs seluas 5 ekar atau setara dengan 2 hektare.


Lokasi persis makam ini berada di kawasan makam peninggalan Abad 8 di Tauste, dekat Zaragosa, Aragon, Spanyol. Arkeolog yang terlibat dalam ekskavasi adalah Eva Gimenez dan firma arkeologi Paleoymas.

   

Para arkeolog melakukan penggalian dan pemindahan ratusan kuburan Muslim yang terkena pembangunan infrastruktur bawah tanah, di Kota Tauste di Zaragoza, Aragon, Spanyol.


Pemerintah Tauste di Zaragoza, Aragon, Spanyol mengumumkan penemuan pemakaman Islam terbesar era Umayyah pada abad ke-8 masehi.


Menurut pihak berwenang, ini merupakan penemuan penting dan langka yang menunjukkan bahwa komunitas muslim pernah hidup dari abad 8 hingga 12 masehi.


Awalnya arkeolog memperkirakan jumlah kuburan umat Islam tersebut hanya sekitar 40 buah (pada 2012-2013).Namun kenyataannya melebihi 400 buah hingga saat ini, dan bisa mencapai 4.500 pusara.


Pemda Aragon memutuskan untuk merelokasikan semua kuburan di kompleks tersebut, alasannya karena saat ini kompleks kuburan tersebut terletak di jalan utama dan akan di bangun juga infrastruktur bawah tanah baru.  [Tian Erika Restiana] 

Lebih baru Lebih lama