BASHIRAH MEDIA

Zahran dan Zahira Asal Indonesia, Juara Karate Tingkat Dunia di Brazil



Laporan : Mujtahidatul Humairah


BASHIRAHNEWS.COM, BOGOR - Kakak beradik asal Indonesia yang masih berusia dini meraih Juara Umum pada World Karate Championship di Brazil.


Mereka adalah Zahran Kautsar Fortius Kamarullah (10) dan Zahira Aulyanissa Putri Kamarullah (7). Mereka sudah akrab dengan karate sejak berusia dini. Keduanya merupakan siswa SDN Nyalindung desa Mampir kec.Cileungsi, Bogor, Jawa Barat. 


Awalnya kakak beradik ini sering ikut ayahnya, Nurul Kamarullah sebagai seorang Sensei pada sebuah perguruan karate, hingga akhirnya kakak beradik tersebut tertarik untuk ikut berlatih.



"Mereka berlatih karena sering ikut saya melatih, sewaktu kecil mereka sudah akrab dengan karate," jelas Nurul pada tim Bashirahnews.com, Jum'at (30/10/2020).


BACA JUGA : Sejarah Karate di Indonesia Dan Berdirinya INKADO


"Bahkan Zahran pada umur dua tahun sudah menunjukkan bakatnya," sambung Nurul sambil menunjukkan video seorang anak laki-laki yang sedang menendang.


Zahran merupakan anak dengan usia termuda yang telah mencapai tingkatan sabuk hitam pada INKADO se-Indonesia sejak berusia sembilan tahun.


"Zahran sabuk hitam termuda INKADO se-Indonesia di usia sembilan tahun," terang Nurul.


Zahran dan Zahira mulai berlatih karate pada usia masing-masing empat tahun.


Zahran mulai mengikuti kejuaraan karate sejak 2017 pada tingkat provinsi dan meraih juara kedua pada KUMITE Pra Usia Dini Putra. Sedangkan Zahira mulai mengikuti kejuaraan karate sejak 2018 di Jakarta yang juga meraih juara kedua pada Kata Pra Usia Dini Putri.


Di dinding rumahnya terpampang sederet foto-foto kejuaraan yang pernah diraih keduanya.


Begitu banyak kejuaraan-kejuaraan yang telah diikuti serta kemenangan yang telah diraih keduanya, hingga pada saat ini mereka dapat meraih kejuaraan tingkat dunia.


Pada World Karate Champioship ini Zahran menduduki posisi ketiga sebagai juara Kata U-11 World Karate Championship dan Zahira meduduki posisi pertama sebagai juara Kata Pra Usia Dini Putri World Karate Championship.[] 

Lebih baru Lebih lama