Jokowi: Orientasi Santri Seharusnya Ciptakan Kesempatan Kerja

Foto: Liputan6.com


BASHIRAHNEWS.COM, JAKARTA- Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengharapkan wirausahawan Indonesia banyak dari kalangan santri, hal ini Jokowi sampaikan dalam memperingati hari santri 2021 di Istana Negara.

"Kita harus mendorong munculnya lebih banyak entrepreneur, wirausahawan dari kalangan santri dan lulusan pondok pesantren," ujar Jokowi, Jumat (22/10/2021).

“Orientasi santri seharusnya bukan lagi 
mencari pekerjaan tapi sudah menciptakan kesempatan kerja bagi banyak orang. Menebar manfaat seluas-luasnya bagi umat,” katanya.

Menurut Jokowi, orientasi santri saat ini seharusnya bukan lagi untuk mencari pekerjaan, melainkan menciptakan kesempatan kerja bagi masyarakat.

"Oleh karenanya, semangat entrepreneurship yang mulai tumbuh ini harus diikuti percepatan inklusif keuangan. Dukungan akses pembiayaan ini sangat penting bagi tumbuhnya entrepreneur baru," ungkap Jokowi.

"Karena itu, pemerintah telah menyiapkan berbagai skema. Baik berupa program Mekar, program KUR, kemudian Bank Wakaf Mikro. Dan saya berharap pesantren dan para santri dapat memanfaatkan berbagai program pembiayaan ini dengan baik," jelasnya.

Menurutnya peran pendidikan di pesantren, madrasah, maupun pendidikan tinggi agama Islam sangat strategi yang inovatif dan kewirausahawan. [Mila Sapitri]
Mila Sapitri

Jurnalis Bashirah Media

Lebih baru Lebih lama