Ingin Mendaki ? Perhatikan 5 Hal Berikut Ini



 Oleh Hamidudin Syabani | Mahasiswa STAI Al-Fatah Cileungsi, Bogor 


TEMAN-TEMAN pernah dengar tidak, tentang orang yang tersesat di gunung, orang yang kedinginan di gunung atau bahkan orang yang meninggal pada saat melakukan pendakian . Kira kira kenapa ya kejadian itu bisa terjadi. Di sini yuk sama sama kita bahas bagaimana sih caranya meminimalisir kejadian itu agar tidak terjadi kepada kita.


Sepuluh tahun belakangan ini banyak para milenial mulai mencoba kegiatan yang cukup ekstrem ini. Entah tergiur karena cerita teman mereka yang pernah mendaki atau karena menonton “Film 5cm”. Tapi banyak para pendaki pemula yang kurang persiapan tentang apa saja yang harus mereka ketahui sebelum mereka mendaki. Inilah lima hal yang harus kamu ketahui dan harus kamu lakukan sebelum kamu hiking.


Pertama, mencari info seputar gunung yang akan kamu kunjungi. Hal ini penting untuk kita karena dengan mencari tahu informasi seputar pendakian ke suatu gunung kita bisa tahu dengan kendaraan apa kita berangkat dari kediaman menuju basecamp saat mulai pendakian di kaki gunung tersebut. Selain itu juga membantu kita dalam melakukan hiking di mana kita jadi tahu tempat untuk istirahat yang aman dan dimana kita dapat mendirikan tenda ditempat yang benar dan aman.


Kedua, cek lokasi dan cuaca. Menunda pendakian adalah keputusan yang tepat jikalau cuaca dan track yang kita lalui sangat berisiko. Misalnya seperti medan curam dan licin karena hujan. Jika di saat pendakian hujan turun hal pertama yang harus kamu lakukan adalah mencari tempat untuk berteduh kemudian keluarkan dan pakai jas hujan. Jangan lupa biasanya di saat hujan sudah berhenti disitulah kita sering merasakan kedinginan yang lebih dari sebelumnya. Maka cobalah untuk berhenti sejenak dan pakai jaket yang lebih tebal kemudian lakukanlah sedikit gerakan senam agar tubuh kita tidak kaku. 


Ketiga, persiapkan fisik Anda dari jauh-jauh hari. Hal pertama yang perlu dipersiapkan sebelum memulai pendakian yaitu pastikan melakukan latihan fisik dengan jenis latihan yang penting sebelum mendaki gunung minimal dua minggu sebelum kegiatan pendakian. Salah satu persiapan fisik yang bisa kamu lakukan adalah dengan jogging secara rutin. Namun jangan terlalu memaksakan diri, jika kamu ternyata hanya mampu jogging 10-15 menit saja maka tidak mengapa, namun lakukan hal tersebut secara rutin.


Keempat, mengecek kembali perlengkapan yang akan kamu bawa. Selain mempersiapkan fisik sebelum melakukan pendakian periksa kembali perlengkapan dan safety adalah hal yang penting karena akan sangat menderita untuk kita jika saat pendakian kita lupa membawa perlengkapan yang kita perlukan. Jadi jangan lupa ya teman teman terutama jangan lupa membawa keperluan yang sifatnya primer seperti jaket logistik dan keperluan safety lainnya.


Kelima, hiking bersama orang yang sudah berpengalaman. Khususnya untuk kamu yang pertama kali melakukan kegiatan hiking pastikan kamu bersama orang yang sudah berpengalaman melakukan hiking. Ini banyak membantu kamu untuk lancar melakukan hiking. Karena jika sama sama pemula tanpa ada yang berpengalaman dalam mendaki sering terjadi kebingungan terhadap tatacara seperti memasak di gunung dan memakai peralatan saat di gunung. Untuk meminimalisir kejadian yang tidak kita inginkan seperti tersesat,hilang, diterkam binatang buas dan sebagainya.


Itulah lima hal yang harus kamu lakukan ketika hendak melakukan hiking. Jadi untuk kalian yang ingin melakukan hiking jangan lupa ya teman tips di atas tadi.


Kamu tertantang untuk melakukan kegiatan yang cukup ekstrim tersebut? yuk mari jadilah bagian dari pendaki yang smart dalam mencintai alam dan diri sendiri. Salam lestari!

Lebih baru Lebih lama