Mau Nikah di Adonara, Cari Dulu Gading Gajah



Oleh Arina Islami | adalah warga asli Adonara saat ini tercatat sebagai mahasiswa STAI Al Fatah, Bogor


MAHAR atau mas kawin merupakan pemberian wajib berupa uang atau barang dari mempelai laki-laki kepada mempelai perempuan ketika dilangsungkan sebuah proses pernikahan.


Perbedaan mahar di setiap daerah, tentunya dipengaruhi oleh adat istiadat dan kepercayaan masyarakat setempat.


Salah satu daerah yang memiliki mahar cukup unik ialah Pulau Adonara. Pulau tersebut berada di Kabupaten Flores Timur, Nusa Tenggara Timur.


Mahar dalam bahasa daerah setempat disebut "Belis" yang harus diberikan kepada mempelai perempuan. Belis itu berupa gading gajah atau dalam bahasa setempat disebut "Bala".


Jumlah gading yang digunakan untuk acara pernikahan tergantung kesepakatan dua belah pihak keluarga mempelai.


Gading gajah memiliki harga yang cukup fantastis. Harganya bisa mencapai puluhan bahkan ratusan juta. Semakin panjang ukuran gading gajah tersebut, maka semakin mahal pula harganya.


Di Pulau Adonara sendiri tidak ada gajah yang hidup di sana. Sebab gajah merupakan hewan yang hidup di daerah dengan curah hujan tinggi. Sedangkan Pulau Adonara tidak termasuk dalam kategori tersebut.


Maka timbul pertanyaan, jika tak ada gajah di sana, mengapa gading gajah menjadi mahar pernikahan?


BACA JUGA : Perempuan atau Betina


Inilah cara masyarakat Adonara menghargai perempuan. Untuk mendapatkan perempuan Adonara, para lelaki harus berjuang mendapatkan gading gajah yang bahkan empunya saja tak hidup di pulau tersebut.


Tidak hanya itu, para lelaki juga harus semangat mengumpulkan uang. Sebab satu batang gading gajah tidak bisa ditebus dengan harga yang murah.

 

Meski demikian, aturan adat ini sudah mulai memudar. Sebagian warga lebih memilih kompromi untuk menggantinya dengan benda lain, seperti uang yang nilainya setara dengan gading gajah.


Namun suku-suku besar di Adonara masih tetap mempertahankan tradisi tersebut.


Terkait pembayaran mahar gading gajah dapat dilakukan dengan cara kontan atau diberi waktu yang disepakati. 


Namun, jika sampai tenggat waktu tidak juga mendapatkan gading gajah, maka pihak keluarga perempuan berhak ‘menawan’ seorang gadis lain dari pihak keluarga lelaki sebagai ganti untuk dinikahi oleh salah satu keluarga besar perempuan tanpa ada mahar alias gratis.

 

Anda berminat menikahi gadis asli Adonara? Siapkan dulu gading gajah. []

Lebih baru Lebih lama