LAPAN: Gerhana Bulan Sebagian Hari Ini Sebagai Gerhana Terlama

 



Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) menyebutkan Gerhana Bulan Sebagian yang akan terjadi Jumat 19 November 2021 hari ini, sebagai Gerhana Bulan sebagian terlama berlangsung selama 3 jam 28 menit.

Menurut peneliti di Pusat Sains Antariksa Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan) Badan Riset dan Nasional (BRIN) Andi Pangerang, gerhana bulan sebagian kali ini menjadi yang terlama di abad 21.

Andi menjelaskan bahwa fenomena gerhana bulan tersebut adalah yang ke-45 dan peristiwa ke-71 gerhana dalam Seri Saros-126.

Seri Saros adalah sekumpulan peristiwa gerhana, di mana interval dua gerhana yang berurutan merupakan siklus Saros, yang memiliki durasi rata-rata 28 tahun 11 hari 8 jam dan terpaut sebesar 223 lunasi (siklus sinodis Bulan).

“Namun, hanya wilayah Papua yang akan mengalami durasi gerhana paling lama, dalam waktu 2 jam 20 menit sejak Bulan terbit. Sementara, bagian barat Indonesia tidak dapat mengamati puncak Gerhana Bulan sebagian”, ujar Andi.

Gerhana Bulan sebagain hari Jumat ini diawali fase awal penumbra yang terjadi pukul 13.00 WIB/14.00 Wita/15.00 WIT. Tidak seluruh Indonesia dapat menyaksikan fase awal ini sebab Bulan masih di bawah ufuk dan belum terbit. Puncak gerhana sebagian terjadi pukul 16.02 WIB atau 17.02 Wita atau 18.02 WIT.

Wilayah yang dapat menyaksikan fase puncak Gerhana Bulan Sebagian 19 November 2021 antara lain:

1. Provinsi Papua Barat, kecuali Kabupaten Kepualauan Raja Ampat

2. Provinsi Papua

3. Provinsi Maluku meliputi Kota Tual, Kabupaten Maluku Tenggara atau Kepulauan Kei, dan Kabupaten Kepulauan Aru.

Fase akhir sebagian terjadi pukul 17.47 WIB atau 18.47 Wita atau 19.47 WIT, dengan wilayah yang dapat menyaksikannya meliputi:

1. Pulau Papua

2. Kepulauan Maluku

3. Sulawesi

4. Kalimantan

5. Nusa Tenggara

6. Pulau Madura

7. Bali

8. Jawa, kecuali Provinsi Banten, Provinsi DKI Jakarta, Kota Bekasi, Kota Depok, Kota Bogor, Kabupaten Bogor, Kota Sukabumi, Kabupaten Sukabumi, Kabupaten Cianjur, Kota Bandung, Kota Cimahi, dan Kabupaten Bandung Barat

9. Provinsi Kepulauan Riau, meliputi Kepulauan Natuna dan Kepulauan Anambas

10. Provinsi Bangka Belitung, kecuali Kabupaten Bangka Barat

Fase akhir penumbra berlangsung pukul 19.05 WIB atau 20.05 Wita atau 21.05 WIT, yang dapat disaksikan dari seluruh wilayah.[]

Mila Sapitri

Jurnalis Bashirah Media

Lebih baru Lebih lama