Tiga Cara Agar Kita Tetap Bersyukur

Foto: Penulis

Oleh Mukhi Ashobi Al-Kholik| Mahasiswa Prodi Komunikasi dan Penyiaran Islam, STAI Al- Fatah

Kita sebagai manusia ciptaan Allah Subhanahu Wa ta'ala, selalu senantiasa mensyukuri nikmat yang telah diberikannya, baik berupa nikmat yang kecil maupun nikmat yang besar.

Allah Subhanahu Wa ta'ala berfirman:

وَإِذْ تَأَذَّنَ رَبُّكُمْ لَئِنْ شَكَرْتُمْ لَأَزِيدَنَّكُمْۖ وَلَئِنْ كَفَرْتُمْ إِنَّ عَذَابِي لَشَدِيدٌ

Artinya: Dan (ingatlah juga) tatkala Tuhan kalian memaklumkan, "Sesungguh­nya jika kalian bersyukur (atas nikmat-Ku), pasti Kami akan menambah (nikmat) kepada kalian; dan jika kalian mengingkari (nikmat-Ku), maka sesungguhnya azab-Ku sangatlah pedih." (Q.S Ibrahim, ayat: 7)

Bersyukur menjadi perbuatan yang mampu membuat banyak orang merasa damai, bahagia, tenang, dan tentram. Dengan bersyukur, kita akan mendapat kenikmatan serta pahala dari Allah Subhanahu Wa ta'ala, maka ada tiga cara agar kita bisa tetap bersyukur kepadanya yaitu:

1. Syukur dengan Hati, yaitu kita meyakini bahwa apa yang kita dapatkan semua datangnya dari Allah Subhanahu wa ta'ala. Kita hanya menjalankan ikhtiar nya saja tetapi yang mengizinkan semuanya adalah Allah Subhanahu Wata'ala. Maka, apabila kita meyakini,  kita tidak akan mudah gelisah dan kecewa. karena kita paham, semua yang Allah Subhanahu wa ta'ala datangkan dalam hidup kita pasti yang terbaik.

2. Syukur dengan Lisan, yaitu dengan cara memperbanyak membaca kalimat thayyibah, ketika kita mendapatkan sesuatu yang membahagiakan, maka ucapkanlah "Alhamdulillah" begitupun dengan sesuatu yang tidak membahagiakan kita juga tetap mengucapkan alhamdulillah. karena kita percaya, bahwa dibalik sesuatu yang tidak baik itu akan ada sesuatu yang baik yang sedang Allah Subhanahu wa ta'ala berikan kepada kita.

3. Syukur dengan Amal Perbuatan, yaitu kita gunakan semua nikmat yang Allah Subhanahu wa ta'ala berikan kepada kita untuk semua hal yang di sukai olehnya. Misal nya, hari ini kita masih di berikan usia maka gunakanlah usia itu untuk taat kepada Allah Subhanahu wa ta'ala. Seperti beribadah, bersedekah, berbuat baik kepada orang, dan sebagainya.

Apabila kita bisa melakukan tigal hal tadi niscaya Allah Subhanahu wa ta'ala akan memberikan kebahagian kepada kita. Maka, jangan menunggu bahagia lalu bersyukur tetapi bersyukurlah terlebih dahulu maka kita akan bahagia.[]

Lebih baru Lebih lama