Relawan MER-C Dievakuasi dari Gaza


foto: Dok MER-C

BASHIRAHNEWS.COM, BOGOR- Satu warga negara Indonesia (WNI) relawan Medical Emergency Rescue Committee (MER-C) berhasil dievakuasi dari Gaza, Palestina, Selasa 12/12.


WNI tersebut atas nama Farid Zanzabil Al Ayubi, relawan MER-C yang sebelumnya menjalankan tugas kemanusiaan di Rumah Sakit Indonesia (RSI) di Gaza Utara.


"Mas Farid adalah relawan Mer-C yang sebelumnya menjalankan tugas kemanusiaan di Rumah Sakit Indonesia di Gaza Utara," ujar Menlu Retno


Proses evakuasi Farid dimulai pada Sabtu, 9 November 2023. Kementerian Luar Negeri RI menjelaskan Farid berhasil keluar dari Gaza pada pukul 19.00 WIB dan dijemput tim evakuasi KBRI Kairo di perbatasan Rafah, yakni wilayah antara Mesir dan Gaza.


Menteri Luar Negeri RI, Retno Marsudi mengatakan bahwa pemerintah akan terus menjalin komunikasi dan memantau keadaan kedua WNI mengingat situasi di Gaza masih sangat berbahaya karena Israel terus melancarkan serangan setelah jeda kemanusiaan berakhir pekan lalu. 


Indonesia saat ini masih berupaya mendorong agar gencatan senjata di Gaza segera terlaksana. Setelah Amerika Serikat memveto rancangan resolusi Dewan Keamanan PBB yang menuntut gencatan senjata di Gaza. [Nur Hikmah]

Lebih baru Lebih lama