Ilmu GPS Kehidupan

 Foto: Stikeshb.ac.id



Oleh Zidan Taqwa | Mahasiswa Prodi Komunikasi dan Penyiaran Islam, STAI Al- Fatah

Ilmu merupakan salah satu aspek yang paling penting dan dihargai dalam islam. Dakwah islam disebarkan salah satunya dengan menyampaikan ilmu-ilmu yang disampaikan oleh Rasulullah Shalallahu Alaihi Wasallam. Nabi Muhammad Shalallahu Alaihi Wasallam menyampaikan pentingnya ilmu dalam suatu hadits, yaitu:

"Menuntut Ilmu adalah kewajiban bagi setiap muslim".(Hadits Riwayat Ibnu Majjah)

Hadits ini menunjukkan akan wajibnya bagi setiap umat Nabi Muhammad yaitu umat Islam untuk menuntut ilmu, hadits ini pun menunjukkan bahwa menuntut ilmu merupakan keharusan dan bukan pilihan yang dapat dengan mudah diacuhkan. Dalam peribahasa pun disebutkan, "Tuntutlah Ilmu dari sejak buaian hingga masuk ke liang lahat".

Dalam Islam, yang dimaksud dengan ilmu bukan hanya ilmu tentang ibadah saja, banyak ilmu-ilmu dalam islam yang berkaitan tentang kehidupan personal dan kemasyarakatan, begitu pula dalam mencari ilmu, sebagai muslim perlu untuk mempelajari banyak ilmu-ilmu yang ada di dunia, baik itu ilmu agama, ekonomi, dan lain sebagainya.

Menuntut ilmu bisa dengan banyak cara, umumnya melalui Pendidikan formal seperti sekolah-sekolah dan perguruan-perguruan tinggi. Pendidikan masyarakat Indonesia saat ini belum maksimal, Programme for International Student Assessment (PISA) yang diinisiasi oleh Organisation for Economic Co-operation and Development (OECD) adalah suatu studi untuk mengevaluasi sistem pendidikan yang diikuti oleh lebih dari 70 negara di seluruh dunia, dalam surveinya pada tahun 2018 menyebutkan bahwa indeks literasi negara Indonesia berada di peringkat 74, peringkat indeks literasi ini tentu menunjukkan pendidikan Indonesia yang belum merata atau belum maksimal. 

Dalam kehidupan manusia, pendidikan yang baik bukan hanya tentang ilmu yang seseorang itu bisa dapatkan dan sampaikan, namun bagaimana ia membangun karakter yang baik dan dapat mengaplikasikan ilmu dan kedepannya menghasilkan perubahan dalam skala besar atau kecil.

Sejarah manusia dapat menyimpulkan bahwa semua kemajuan-kemajuan yang dialami manusia disebabkan oleh peran penting dari perkembangan dan kemajuan ilmu. Salah satu kemajuan besar dalam peradaban manusia adalah internet, pada 2018, jumlah pengguna internet tercatat sebesar 3,95 miliar. Jumlah tersebut meningkat 6,6% menjadi 4,21 miliar pada 2019, angka ini menunjukkan lebih dari setengah penduduk bumi dapat mengakses internet, tentu dapat terhubung ke seluruh server di dunia. Penemuan besar internet ini salah satu bukti kemajuan manusia, yang dihasilkan dari perkembangan ilmu-ilmu, misalnya ilmu teknologi dan komunikasi.

Oleh karenanya, sebagai masyarakat muda, kita semestinya menyadari betul akan berharganya ilmu yang dapat kita peroleh, ruang dan waktu semestinya tidak menjadi halangan utama dikarenakan teknologi informasi yang maju pada masa kini.[]

Lebih baru Lebih lama