Erupsi Gunung Marapi, 11 Pendaki Tewas

 


BASHIRAHNEWS.COM, JAKARTA- Kantor Pencarian dan Pertolongan (BASARNAS) menyebutkan 11 orang pendaki dinyatakan meninggal dunia ketika erupsi Gunung Marapi yang terjadi pada Minggu (3/12) sekitar pukul 14.54 WIB.


Mengutip dari Kumparan, kejadian itu dibenarkan oleh Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Padang, Abdul Malik saat dihubungi Kumparan pada Senin (4/12).

"11 orang dalam keadaan meninggal dunia. Yang meninggal sedang dalam proses evakuasi," kata Malik.

Sampai pukul 07.10 WIB, Senin (4/12), kata Malik, pendaki yang sudah ditemukan 14 orang dari 26 yang belum turun dari kemarin.

"Dari 14 orang, tiga pendaki ditemukan selamat, 11 orang dalam kondisi meninggal dunia," ucapnya.

Abdul Malik mengatakan, untuk 12 orang pendaki lainnya masih dicari dan proses evakuasi masih dilakukan oleh tim gabungan.

Menurut data dari Basarnas Padang, ada 75 pendaki yang terjebak saat Marapi erupsi pada Minggu (3/12).

Sampai evakuasi per Senin (4/12), artinya sudah 55 orang yang dievakuasi, baik yang masih hidup dan sudah meninggal. Sebagian korban mengalami luka bakar, patah tulang, dan dirawat di rumah sakit Padang Panjang dan Bukittinggi.

Gunung Marapi terletak di Sumatera Barat di Kabupaten Agam dan Tanah Darat dengan ketinggian 2.891 meter dari permukaan laut. Marapi merupakan gunung yang paling aktif di Sumatra.

Gunung Marapi memuntahkan abu vulkanik dengan ketinggian mencapai 3000 meter atau 3 km, hujan abu dan material kerikil akibat erupsi Marapi sampai di sekitar Kota Bukittinggi dan Kabupaten Agam.
Lebih baru Lebih lama