Manchester City Berhasil Jadi Juara Liga Champions Eropa 2023/2024

 

Sumber foto : ig @mancity

BASHIRAHNEWS.COM, ISTANBUL- Manchester City berhasil keluar sebagai juara Liga Champions Eropa musim 2023/2024 usai kalahkan Inter Milan yang berlangsung di Stadion Olimpiade Atatürk, Istanbul, Turki pada Ahad dini hari (11/6) WIB.

Gol semata wayang The Citizens diciptakan oleh Rodrigo pada menit ke-68, yang sukses memanfaatkan umpan silang dari Bernardo Silva. Gol tersebut merupakan satu-satunya gol yang tercipta di laga final ini.

Manchester City berhasil mengamankan titel Trebble Winner setelah sebelumnya sukses memenangkan Liga Premier Inggris dan Piala FA. Selain itu, trofi Liga Champions ini merupakan trofi pertama mereka sepanjang sejarah, sekaligus membalas kekalahan di final Liga Champions 2021 dari Chelsea. 

Jalan nya pertandingan

Di babak pertama, kedua tim sudah bermain secara agresif. Baru 6 menit berjalan, Erling Haaland sudah memberikan ancaman serius ke gawang Inter Milan yang dikawal Andre Onana. 

Tak mau kalah dari Man. City, Inter pun mencoba menguasai bola. Mereka berhasil mendapatkan peluang, namun kokohnya pertahanan City berhasil mematahkan nya. 

Di menit ke-36, gelandang Man. City Kevin De Bruyne ditarik keluar karena cedera dan digantikan oleh Phil Foden. 

Inter Milan berhasil menguasai jalan nya pertandingan di babak pertama, dan sesekali mengancam gawang Ederson Moraes. Akan tetapi hingga babak pertama selesai, skor kacamata masih belum berubah. 

Di babak kedua, Inter mendapat peluang bagus dari Hakan Calhanoglu di menit ke-55, namun tendangan kerasnya berhasil di blok oleh Ilkay Gundogan.

Manchester City hampir membuat blunder fatal di menit ke-59 setelah miskomunikasi Manuel Akanji yang mengira Ederson akan mengambil bola, dan Lautaro Martinez memanfaatkan momen itu untuk melakukan tembakan, namun kesigapan Ederson berhasil mematahkannya. 

Menanggapi itu, pasukan Pep Guardiola langsung melancarkan serangan balik, akan tetapi sebelum bola berhasil mencapai gawang, Phil Foden terlebih dahulu dijegal oleh Alesaandro Bastoni dan menghasilkan tendangan bebas. 

Memanfaatkan momen itu, Ilkay Gundogan mengirim umpan crossing yang disambut oleh Ruben Dias, namun sundulannya masih melambung diatas mistar gawang. 

Gol baru tercipta di menit ke-69 setelah Bernardo Silva berhasil menerobos pertahanan Inter Milan dan mengirim umpan tarik yang disambut dengan sepakan keras dari Rodri. Skor 1-0 untuk keunggulan Manchester City.

Ketinggalan satu gol, Inter Milan berupaya untuk membalas. Di menit ke-70, Federico Dimarco memiliki peluang emas yang hampir berbuah gol, namun sundulannya tertahan oleh Romelu Lukaku. 

Inter Milan kembali membuat peluang di menit ke- 74, kali ini tendangan langsung dari Romelu Lukaku masih bisa ditahan oleh Ederson. 

Manchester City mencoba membalas serangan Inter Milan, di menit ke-77 Phil Foden hampir menggandakan kedudukan, namun tendangan nya masih bisa ditahan oleh Andre Onana.

Inter kembali membalas serangan City, kali ini lewat Nicollo Barella di menit ke- 80, namun tendangannya masih sedikit melebar dari gawang. 

Mendekati waktu normal babak kedua, Inter Milan semakin meninggikan serangannya. Di menit ke-88 Lukaku kembali membuat peluang emas setelah ia memanfaatkan umpan silang dari Robin Gosens, namun sundulan nya kembali berhasil ditahan oleh Ederson yang tampil cemerlang. 

Peluang terakhir Inter Milan kembali tercipta sesaat sebelum peluit panjang dibunyikan, kali ini lewat Robin Gosens yang memanfaatkan sepak pojok dari Dimarco di menit ke-96. Namun sekali lagi Ederson Moraes kembali berhasil menghalau bola dan membuat City tetap unggul.

Hingga babak kedua selesai, skor 1-0 untuk keunggulan Manchester City atas Inter Milan tidak berubah, dan memastikan bahwa The Citizens menjadi juara Liga Champions Eropa musim 2023/2024.

Lebih baru Lebih lama