Timnas Argentina Sukses Jadi Juara Piala Dunia 2022 Qatar Usai Libas Perancis Di Babak Adu Penalti

Sumber : ig @afaseleccion


BASHIRAHNEWS.COM, BOGOR- Lionel Messi berhasil bawa Argentina juara Piala Dunia 2022 Qatar usai menang di babak adu penalti melawan Perancis pada Ahad malam (18/12) WIB yang dilaksanakan  di stadion Lusail.

Di babak pertama, timnas Argentina berhasil kuasai penuh jalannya pertandingan dengan menggempur Perancis habis-habisan sejak awal laga. Banyak peluang yang tercipta namun masih nihil dari hasil positif.

Argentina mendapat penalti pada menit ke-21 setelah Angel Di Maria dilanggar oleh Ousmane Dembele saat menusuk dari sisi kiri pertahanan Perancis. Messi yang maju sebagai eksekutor sukses mengecoh Hugo Lloris dan membawa timnya memimpin 1-0.

Argentina sukses menambah keunggulan pada menit ke-36 ketika Di Maria mencatatkan namanya di papan skor, berawal dari serangan balik cepat, para penyerang Argentina mampu menembus pertahanan Perancis yang kosong. Bola yang dioper kepada Messi lalu diberikan ke Julian Alvarez dan langsung menyodorkan ke Alexis Mac Allister yang berlari dari sisi kanan dan kemudian dioler ke Di Maria. Hingga babak pertama selesai keunggulan 2-0 untuk Argentina tidak berubah.

Di babak kedua, La Albi Celleste bermain semakin beringas dengan menekan dan menyerang pertahanan Perancis dari berbagai sisi. Messi berpeluang untuk memperlebar keunggulan lewat tendangan kerasnya dari luar kotak penalti, namun masih bisa ditahan oleh Hugo  Lloris.
Alih-alih keasyikan menyerang, timnas Argentina justru kebobolan di menit ke-79 ketika wasit menghadiahi penalti menyusul pelanggaran Nicolas Otamendi kepada Kolo Muani. Mbappe sukses menjaringkan bola ke pojok kanan gawang, meski Martinez berhasil menebaknya.K

ylian Mbappe kembali mencetak gol penyama kedudukan dua menit setelah gol pertamanya, Mbappe membobol gawang Martinez lewat sepakan voli kaki kanan meneruskan umpan Thuram di menit ke-81. Skor 2-2 sama kuat untuk kedua tim.

Berhasil menyamakan kedudukan membuat Perancis semakin percaya diri, mereka beberapa kali berhasil menggempur pertahanan Argentina di sisa babak kedua. Namun, hingga waktu normal selesai skor 2-2 tidak berubah dan harus dianjutkan ke babak extra time.

Di babak extra time, kedua tim sama-sama bermain lebih agresif, Argentina kembali mampu menguasai jalannya pertandingan.Di menit ke-108, lewat tembakan keras lautaro martinez dari kanan,  Messi berhasil memanfaatkan bola liar dari Hugo Lloris dan kembali membawa Argentina unggul 3-2 atas Perancis.

Menanggapi gol tersebut, para pemain Perancis mencoba bermain lebih keluar, dan pada menit ke-115, mereka kembali mendapat hadiah penalti akibat handball dari Gonzalo Montiel, Mbappe sebagai eksekutor berhasil menjalankan tugasnya dgn baik. Skor 3-3.

Perancisberpeluang menambah keunggulan, di menit ke-118 tendangan keras Kolo Muani di depan mulut gawang berhasil di tepis oleh Emiliano Martinez. Hingga babak extra time selesai, kedudukan sama kuat tidak berubah dan harus ditentukan lewat adu penalti.

Di babak adu penalti Argetina berhasil menang dengan skor 4-2 atas Perancis. Dari empat penendang, timnas Perancis hanya bisa mencetak dua gol saja lewat  Kylian Mbappe dan Kolo Muani. Dua penendang lainnya gagal dalam mengeksekusi penalti,  yaitu Aurilen Tchouameni yang ditangkis oleh Martinez dan Kingsley Coman yang melebar ke  sisi kiri gawang.
Sedangkan timnas Argentina, keempat penendangnya berhasil dalam mengemban tugasnya, yaitu Lionel Messi, Paulo Dybala, Leandro Paredes dan Gonzalo Montiel. Dengan hasil ini membuat timnas Argentina berhasil manjadi juara Piala Dunia 2022 Qatar.

Di laga itu, FIFA juga mengumumkan para pemain terbaik di turnamen akbar empat tahunan ini, diantaranya yaitu :
- Pemain muda terbaik diraih oleh Enzo Hernandez.
- Kiper terbaik diraih oleh Emiliano Martinez.
- Pemain terbaik diraih oleh Lionel Messi.
- Top skorer Piala Dunia 2022 diraih oleh Kylian Mbappe.[]

Lebih baru Lebih lama