Kebakaran Hebat Pabrik di Kawasan Industri Jababeka Cikarang

foto: okezone

BASHIRAHNEWS.COM, BEKASI - Sijago merah lahap tiga pabrik di Kawasan Industri Jababeka Bl C/22, Jalan Jababeka 2, Pasir Gombong, Cikarang Utara, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, Jumat (2/9) pagi.


Api diduga berasal dari gedung PT EON Chemicals Putra yang merupakan gudang penyimpanan bahan kimia, dan menyambar ke lokasi lainnya.


Petugas Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) Kabupaten Bekasi, Nur Arifin, mengatakan pihaknya sudah berada di lokasi.


"Kejadian tersebut perkiraan tadi subuh. Yang terbakar itu semacam pabrik benda cair semacam thinner," kata Nur Arifin saat dilansir dari detikcom, Jumat (2/9).


Menurut, Nawawi Fauzi Petugas Keamanan mengatakan, bermula ada ledakan dua kali, sekira jam 01.30 WIB (2/9), tiba-tiba kobaran asap api membesar.


"Pertama itu ada ledakan dua kali, yang pertama saya lagi di dalam, saya pikir itu ban pecah, pas ledakan ke dua saya keluar lagi, pas itu ada kobaran asap dan api gak lama api merembet langsung saya telepon damkar," kata Nawawi Fauzi saat dimintai keterangan. 


Bahan kimia yang mudah terbakar dari salah satu pabrik membuat api mudah menjalar ke pabrik yang berdekatan di lokasi. 


Sebanyak 10 unit mobil pemadam kebakaran Kabupaten sudah dikerahkan ke lokasi kebakaran, untuk menjinakkan api di pabrik kimia tersebut.


Saat ini, api berhasil dipadamkan petugas. Api sudah melalap habis sekitar 80 persen bangunan pabrik produsen kimia tersebut. 


Berdasarkan informasi yang didapatkan, hingga saat ini belum ada laporan terkait korban jiwa.[]


Muarofah Syaada

Jurnalis Bashirah Media

Lebih baru Lebih lama