Kunafa, Hidangan di Bulan Ramadan Khas Palestina

 

Foto: google

BASHIRAHNEWS.COM- Setiap negara memiliki kuliner spesial yang hanya disajikan di bulan suci Ramadan. Begitu pula dengan Arab Saudi, negara ini mempunyai satu makanan lezat untuk berbuka, namanya Kunafa.

Hidangan penutup legit ini terkenal di Arab Saudi, Mesir, Lebanon, Turki dan lainnya. Sebenarnya Kunafa berasal dari Kota Nablus, Palestina. Makanan manis ini sudah ada sejak masa kejayaan Ottoman.

Dilansir dari stepfeed.com, nama Kunafa berasal dari kata kerja bahasa Arab “ka-na-fa” yang artinya rahmat. Kunafa disebut juga dengan kunafah, kunafeh atau knafeh. Dibuat dari phillo pastry atau kaitafi adalah kue keju yang direndam dengan sirup yang terbuat dari bihun atau semolina. 

Berikut bahan dan cara membuatnya:

Bahan:

1. Tiga cangkir susu.

2. Tiga sendok makan gula.

3. Tiga sendok makan tepung maizena.

4. Keju secukupnya, parut.

Cara membuat:

1. Tuang susu dan gula dalam panci, kemudian aduk supaya merata sambil dimasak dengan api kecil lalu tunggu hingga mendidih.

2. Encerkan tepung maizena dengan air putih. Jika adonan kunafa sudah mendidih, lalu masukkan larutan tepung maizena ke dalam panci lalu aduk selama satu menit hingga mengental.

3. Masukkan keju yang sudah diparut sesuai selera. Pastikan bahwa keju tidak menggumpal. Jika sudah matang, matikan kompor dan dinginkan.

4. Jika sudah dingin, beri isian sesuai selera. Biasanya kunafa menggunakan isian seperti kismis atau kacang.

5. Panggang dengan suhu 200 derajat celcius, selama 30 menit. Sebelum dipanggang, olesi loyang dengan mentega.

6. Kunafa siap dihidangkan.

Agar tambah nikmat, Kunafa biasanya disiram dengan sirup gula atau qatr. Qatr biasanya dibuat dengan menggunakan air gula, air mawar, dan air jeruk nipis yang direbus bersamaan.

Atau dengan opsi lain, bisa di taburkan kacang pistachio atau stroberi atau kacang almond. [Mu'arofah Sya'ada]

Lebih baru Lebih lama