Mahasiswa KSM Unisma Bantu Petani Panen Apel di Malang

Foto: Dokumentasi KSM Unisma kelompok 42


BASHIRAHNEWS.COM, MALANG - Mahasiswa Kandidat Sarjana Mengabdi (KSM) Universitas Islam Malang (Unisma) melaksanakan salah satu program kerja (proker) mereka, yakni membantu para petani apel di Dusun Tulungrejo, Desa Pujon Kidul, Kabupaten Malang, Jawa Timur pada Selasa (8/2).

Kegiatan tersebut merupakan proker KSM dari kelompok 42. Ketua kelompok 42, Alimroatul Ngaliyah dari Fakultas Agama Islam, Prodi Pendidikan Agama Islam menyebut, tujuan kegiatan itu ialah untuk membantu para petani apel di Dusun Tulungrejo sebagai pendekatan dan pengabdian kepada masyarakat. 

"Tujuannya tentu untuk membantu warga dan petani setempat, serta upaya untuk menyukseskan proker kami," ujarnya kepada Bashirahnews.com.

Berdasarkan keterangan dari Alimroatul, kebun apel yang menjadi sasaran kegiatan itu adalah milik Hajin Miskan yang juga warga Dusun Tulungrejo. Panen tersebut dilaksanakan setiap lima bulan sekali.

Salah satu petani apel yang tak ingin disebut namanya mengaku antusias dan senang karena telah dibantu oleh Mahasiswa KSM Unisma. Para mahasiswa mulai membantu sejak pukul 10.00 WIB hingga pukul 12.00 WIB. Mereka membantu petani memetik apel-apel dan memindahkannya ke mobil pick-up untuk dijual ke berbagai kota.

Menurut keterangan dari petani, target panen apel ialah selama tiga hari. Mahasiswa KSM Unisma membantu para petani itu tepat di hari kedua dari target panen apel tersebut.[]

Lebih baru Lebih lama