5 Cara Mencegah Virus Varian Omicron

BASHIRAHNEWS. COM- Virus Varian Omicron telah menyebar ke berbagai negara. Mengingat potensi ancaman dari Virus Varian Omicron, ada berbagai upaya untuk mencegahnya. Salah satu cara mencegahnya yakni dengan segera melakukan vaksinasi dan mendapatkan booster, sebagaimana yang disarankan oleh Ilmuwan. Adapun upaya-upaya yang lainnya, yakni sebagai berikut:

1. Melakukan Vaksinasi

Tahukah Anda vaksinasi menjadi garis pertahanan terbaik terhadap infeksi. Tingkat vaksinasi yang lebih tinggi juga dapat mengurangi peluang bagi virus corona baru untuk menyebar dan berkembang menjadi varian baru termasuk Omicron.

2. Menggunakan Masker dengan Benar

Gunakan masker dengan benar. Pastikan masker benar-benar menutupi mulut dan hidung. Ganti masker setiap empat jam atau saat sudah basah. Masker N95 merupakan pilihan terbaik. Namun, masker medis dan masker dua lapis juga dapat mencegah penularan secara efektif.

3. Mencuci Tangan

Virus akan mati saat digosok dengan sabun dan air mengalir. Selalu ingat untuk mencuci tangan kapan saja dan di mana saja. Ketika tidak ada air dan sabun, hand sanitizer dengan kandungan alkohol dapat digunakan sebagai alternatifnya. 

4. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Hal yang tidak kalah pentingnya, tingkatkan imun dengan menjaga pola hidup sehat, seperti mengkonsumsi makanan bergizi, perbanyak memakan buah, sayur, dan vitamin serta berolahraga. Pastikan Anda makan dengan teratur dan tidak melewatkan jam makan. Dengan menerapkan pola hidup sehat dapat membantu metabolisme tubuh lebih cepat.

5. Menjaga Jarak dan Menghindari Kerumunan

Jika Anda berpergian pastikan untuk menjaga jarak dan menghindari kerumunan untuk mencegah penularan. Sebab, kita tidak mengetahui sehat atau tidaknya setiap orang yang kita temui ketika berpergian. 

Organisasi Kesehatan Dunia juga menghimbau untuk menjaga jarak dan menghindari kerumunan sebagai cara  memutus rantai penularan COVID-19. [Ahmad Firmansyah]

Lebih baru Lebih lama