Desa Wadas di Serbu Polisi

Foto: google

BASHIRAHNEWS.COM, PURWOREJO- Ribuan aparat kepolisian serbu Desa Wadas, Kecamatan Bener, Kabupaten Purworejo pada Selasa (8/2/2022).

Seperti yang dilaporkan oleh Divisi Advokasi Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Yogyakarta sekaligus kuasa hukum warga Desa Wadas, Julian Duwi Prasetia.

Dikutip dari Kompas TV, Julian mengatakan terdapat ribuan aparat bersenjata lengkap menyerbu Wadas.

"Iya, benar. Warga masih Mujahadahan di masjid dan masih dikepung polisi," ujarnya.

Polisi berbagi tugas, ada yang membentuk pagar betis bertameng dan ada yang memantau sekitar lokasi. Kejadian itu sudah berlangsung dua hari. Yakni 7-8 Februari 2022.

Mereka ditugaskan mengawal 70 petugas Badan Pertanahan Negara (BPN) yang melakukan pengukuran lahan di desa tersebut . Luas lahan yang akan dibebaskan yakni 124 hektar. Lahan itu akan dijadikan proyek pertambangan batu andesit, serta sebagai proyek pembangunan Waduk Bener.

Berdasarkan SK Gubernur Jawa Tengah Nomor 509/41/2018, Desa Wadas ditetapkan sebagai lokasi penambangan batuan andesit material pembangunan proyek Bendungan Bener.

Total lahan yang dibutuhkan untuk penambangan dan bendungan yakni 145 hektare. Ditambah 8,64 hektare lahan untuk akses jalan menuju proyek pertambangan. Penambangan dilakukan menggunakan metode bahan peledak.

Rencana ini yang ditolak warga. Mereka menilai aktivitas penambangan mengancam keberadaan 27 sumber mata air. Imbasnya, berpotensi merusak lahan pertanian. [Ibnu Sina]

Yuharriska

Jurnalis Bashirah Media

Lebih baru Lebih lama