Insecure di Usia 20+

Foto: bashirahnews.com

Oleh: Arina Islami | Mahasiswi Prodi Komunikasi dan Penyiaran Islam (STAI) Al Fatah, Cileungsi, Bogor

USIA kepala dua menuju seperempat abad kehidupan di dunia, waktu yang tidak sebentar tapi terasa amat singkat. Leha-leha, terbuai waktu, sementara tahun terus berganti, umur bertambah, jatah hidup berkurang.

Sudah ngapain aja di hidup yang mendekati seperempat abad ini?

Jika berkaca dengan para pemuda di masa kejayaan Islam beberapa abad lalu, sepertinya kita harus tertampar. Betapa kualitas diri kita terbentang sangat jauh dibandingkan pemuda muslim pada masa itu.

Di saat kebanyakan pemuda saat ini berumur 21 tahun sudah besar kepala karena menaklukkan hati wanita, Muhammad Al Fatih di usia yang sama pada masanya sudah mampu menaklukkan Konstantinopel, yang sekarang bernama Istanbul --kota terbesar di Turki.

Kalau boleh flashback sedikit, saat umur 8 tahun, kita ngapain? bermain? Muhammad Al Fatah di umur 8 tahun sudah hafal seluruh ayat Al Quran. Sedangkan kita, di usia 20+ ini, berapa ayat suci yang ada di kepala kita?

Di saat pemuda masih bingung dengan mimpinya, ragu dengan cita-citanya, mau jadi apa, mau berbuat apa, Muhammad Al Fatih sudah bertekad lantang sejak kecil, "Ayah, aku ingin membebaskan Konstantinopel!"

Di saat kita sering mengeluh karena sedang melewati quarter life dengan segudang masalah dan tekanan hidup lalu menjadi 'Si paling tersakiti', Muhammad Al Fatih sudah dibebankan amanah besar bahkan sejak ia lahir ke dunia. Ia menjadi harapan tiga generasi akan pembebasan Konstantinopel, janji Rasulullah Shallallahu alaihi wassalam ratusan tahun silam. Harapan 600 tahun perjuangan para pendahulunya itu dipindahkan ke pundaknya.

Di umur 19 tahun, Muhammad Al Fatih sudah diangkat menjadi raja. Tak terhitung berapa banyak orang yang merendahkannya karena ia masih sangat belia untuk memegang amanat itu, tapi mentalnya begitu kuat, hatinya seluas samudera. Ia tak gentar dan membuktikan, pemuda itu tumbuh menjadi raja yang cerdas dan bijak.

Lihat! Kita senang bersembunyi di balik 'Menjaga kesehatan mental' yang kemudian malah membuat kita begitu lembek. Padahal bukan seperti itu merawat mental yang baik.

Tak heran jika saat ini kita masih begini-begini saja. Malah menyalahkan takdir, menghardik keadaan yang katanya tak adil.

Di usia 20+, kita masih asik bersenang-senang, maraton film, nongkrong berjam-jam tanpa diskusi sehat. Sedangkan Muhammad Al Fatih memilih meningkatkan kemampuan fisik dan potensi otaknya. Ia kuasai bela diri, memanah, berkuda, strategi perang, ilmu fiqh, hadis, astronomi, dan matematika. Ia kuasai pula berbagai bahasa; Arab, Turki, Persia, Ibrani, Latin, dan Yunani.

Sementara kita, skill apa yang sudah kita kuasai? Skill marketing? Manajemen media sosial? Menulis? Editing? Coding? Komunikasi? Atau skill lainnya yang diperlukan di era modern ini, sudahkah kita kuasai? Bahasa apa yang sudah kita pelajari? Perbendaharaan kosakata bahasa Indonesia saja kita masih kurang, publik speaking-nya apalagi.

Di saat pemuda menguras air mata untuk kekasihnya yang tak jelas, Muhammad Al Fatih membasahi matanya dengan tangisan permohonan ampun kepada Allah. Sejak baligh, tak pernah satu malam pun ia lewatkan tanpa tahajud. 

Dalam satu bulan, berapa kali kita mampu mengangkat selimut untuk bangun mendirikan sholat tahajud?

Kita begitu kuat menjelajahi alam, mendaki gunung, menuruni lembah, berwisata ke berbagai daerah, tapi kita sangat lemah untuk mengangkat selimut bahkan di waktu subuh, apalagi di sepertiga malam.

Insecure sekali rasanya membaca kisah para pejuang yang begitu berpengaruh untuk dakwah Islam. Di tengah kemudahan-kemudahan yang ada di era serba canggih ini, seharusnya upaya kita untuk Islam bisa lebih kencang, lebih cepat, lebih baik. Tapi nyatanya kita di-ninabobo-kan oleh kemajuan zaman. Astagfirullahaladzim!


-- terinspirasi dari buku 'Seni Tinggal di Bumi' karya Farah Qoonita

Yuharriska

Jurnalis Bashirah Media

Lebih baru Lebih lama